Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rizal Ramli Protes ke Menteri Susi

Kompas.com - 03/05/2016, 20:19 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti telah menenggelamkan ratusan kapal ilegal asing. Hal itu membuat pasokan ikan di dalam negeri meningkat tajam.

Untuk itu, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Rizal Ramli memprotes kinerja Susi selama ini. Meskipun perairan Indonesia bersih dari kapal ilegal asing, harga ikan menjadi anjlok akibat suplai berlebihan.

"Akibatnya harga ikan turun," ujar Rizal di gedung BPPT 1, Jakarta, Selasa (3/5/2016).

Rizal memberi contoh di Sibolga, tangkapan ikan awalnya 200 ton per hari. Sejak Menteri Susi melakukan pembasmian terhadap penangkapan ikan ilegal, pasokan bertambah 400 ton.

"‎Ikan banyak sekali sekarang di dalam negeri. Ikan segar di Jakarta juga biasanya jarang sekarang banyak sekali," ungkap Rizal.

Rizal pun meminta Menteri Susi meningkatkan kampanye agar masyarakat banyak mengkonsumsi ikan.

Selain itu Rizal berharap pasokan ikan di dalam negeri banyak yang bisa diekspor agar tidak terlalu banyak suplai dan meningkatkan pendapatan dalam negara.

"Kampanye supaya orang Indonesia lebih banyak makan ikan, karena protein banyak dan nggak ada risiko kanker. Kedua, bagaimana ekspor ikan legal bisa ditingkatkan," papar Rizal. (Adiatmaputra Fajar Pratama)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com