Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lantaran Sang Ayah, Irwan Hidayat Tak Pernah Lagi Memancing

Kompas.com - 04/05/2016, 20:22 WIB

KOMPAS.com - Sepotong kenangan yang tetap tak lekang di benak Direktur Utama PT Sido Muncul Tbk Irwan Hidayat adalah tentang Yahya Hidayat. "Almarhum adalah ayah saya," kata Irwan Hidayat pada Rabu (4/5/2016) siang.

Irwan Hidayat, generasi kedua perusahaan industri jamu dan farmasi itu bercerita di hadapan jajaran pengurus Yayasan Kanker Indonesia (YKI) DKI Jakarta ihwal sosok yang meninggal dunia pada 1991 itu.

Primus Dari kiri ke kanan, Direktur Utama PT Sido Muncul Tbk Irwan Hidayat, Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) DKI Jakarta Veronica Tan, dan Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Koesmedi Priharto berfoto bersama saat penyerahan bantuan dua unit mobil ambulans pada Rabu (4/5/2016).

Awalnya, kata Irwan, ayahnya terdeteksi mengidap kanker hati atau liver pada 1987. Tahun demi tahun berselang, rupanya, kanker itu menyebar hingga ke paru. "Ya akhirnya ayah saya meninggal dunia karena komplikasi sakit kanker itu," imbuh Irwan yang dalam kesempatan berbicara itu memimpin perusahaannya menyerahkan sumbangan dua unit mobil ambulans untuk YKI DKI Jakarta.

Irwan mengaku menyaksikan sendiri bagaimana Yahya Hidayat berjuang menahan rasa sakit lantaran penyakit kanker hingga ajal. "Saya lihat ayah saya meninggal enggak bisa napas. saya sampai hari ini saya enggak tega mancing," kata Irwan sembari menambahkan sampai sekarang tak pernah lagi ia meneruskan hobinya itu.

Primus Tiga dari berbagai layanan Yayasan Kanker Indonesia (YKI) DKI Jakarta yang sudah berjalan selama ini. Menurut Kepala Bidang Pelayanan Sosial YKI DKI Jakarta dr. Venita pada Rabu (4/5/2016), diperlukan kerja sama dengan berbagai pihak untuk memberikan pelayanan khususnya kepada masyarakat Jakarta yang mengidap penyakit kanker.

Sementara itu, terkait sumbangan tersebut, Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Koesmedi Priharto mengatakan pihaknya merencanakan menambah jumlah ambulans hingga 100 unit di akhir 2016. Mobil-mobil itu akan digunakan untuk mempermudah pelayanan bagi warga Ibu Kota, salah satunya oleh YKI DKI Jakarta. Hadir dalam kesempatan itu Ketua YKI DKI Jakarta Veronica Tan dan Kepala Bidang Pelayanan Sosial YKI DKI Jakarta dr. Venita. (Baca: Ini Cara Veronica Tan Cegah Kanker Payudara
Josephus Primus Veronica Tan, istri Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Veronica, kelahiran Medan, 4 Desember 1975, menjadi Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) DKI Jakarta sejak sejak 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com