Lancarkan Distribusi Raskin, Bulog Poso Libatkan Unsur TNI - Kompas.com

Lancarkan Distribusi Raskin, Bulog Poso Libatkan Unsur TNI

Kompas.com - 05/05/2016, 17:31 WIB
Mansur K105-13 Foto Suasana Usai Penandatanganan MOU Pihak Bulog dan TNI di Gudang Bulog Poso Pada Rabu (4/5/2016)

POSO, KOMPAS.com - Badan Urusan Logistik (Bulog) Regional I Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, menggandeng TNI Kodim 1307 Poso dalam pendistribusian Beras Miskin (raskin).

Kerja sama tersebut dilakukan untuk memperlancar distribusi raskin, khususnya di wilayah rawan akan gangguan keamanan seperti di Kecamatan Poso Pesisir Bersaudara dan Kecamatan Lore Bersaudara.

Kerja sama Bulog dan TNI tersebut ditandai dengan penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) yang berlangsung di gudang Bulog Poso, Rabu (4/5/2016).

Kepala Bulog Sub Divre Poso, Jusri Pake, dalam keterangan persnya usai melakukan MoU menjelaskan, melibatkan unsur TNI dalam pendistribusian Raskin sangat diperlukan.

Selain untuk menjaga keamanan selama pendistribusian hingga ke titik distribusi, pihak TNI juga diharapkan bisa mengawasi penyaluran raskin sehingga tepat sasaran. Kerja sama seperti ini baru pertama kali dilakukan oleh Bulog dan TNI di Poso.

"Pelibatan unsur TNI dalam penyaluran raskin tersebut murni sebagai bentuk kepedulian Bulog dalam merespon keluhan warga, termasuk penyaluran yang dianggap sering terlambat,’’ ungkap Jusri.

Kapten Infanteri Romadhon selaku Asisten Teritorial Kodim 1307 Poso dalam keterangannya menjelaskan jika MoU yang dilakukan tersebut merupakan bentuk kerja sama terkait hal pengamanan dan pengawasan. Tugas TNI nantinya sebatas menyiapkan 2 personil TNI. 

Yakni, untuk mengawal setiap mobil truk yang akan melakukan pendistribusian raskin yang ada diwilayah kerja Bulog Sub Divre Poso mulai dari gudang hingga ketitik distribusi.

‘’Intinya kami mengawal. Soal berapa banyak personil yang dilibatkan, itu tergantung permintaan pihak Bulog serta memperhitungkan seberapa jauh dan seberapa rawan titik lokasi yang akan kami datangi,’’ ungkapnya.

Kompas TV Bulog Gandeng KTNA untuk Serap Gabah


EditorAprillia Ika

Close Ads X