Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Permudah Pengiriman Barang, Amazon Investasi Pesawat

Kompas.com - 07/05/2016, 09:32 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com - Perusahaan penyedia layanan belanja online, Amazon, terus melakukan inovasi guna membantu pengiriman barang pesanan.

Kini, Amazon merambah sarana transportasi berupa pesawat. Dikutip dari CNNMoney, baru-baru ini, Amazon mengumumkan kesepakatan kerjasama dengan maskapai penerbangan kargo Atlas Air Worldwide.

Atlas akan meminjamkan 20 unit pesawat jet Boeing 767-300 kepada Amazon. Selain itu, Amazon akan menerima jaminan dari Atlas, yang dapat memungkinkan Amazon memiliki 30 persen saham Atlas.

Berkat pengumuman ini, saham Atlas mencuat lebih dari 25 persen. Ini adalah kesepakatan kedua Amazon dengan perusahaan kargo pada tahun 2016 ini.

Pada bulan Maret lalu, Amazon setuju memeroleh pinjaman 20 unit pesawat Boeing seri 767 dari Air Transport Services Group (ATSG).

Amazon pun memeroleh jaminan dalam kerjasama ini, yakni berupa investasi yang dapat memberi Amazon 19,9 persen saham ATSG.

Kini, Amazon memiliki 9,99 persen saham ATSG. Kedua kesepakatan ini menggambarkan bahwa Amazon ingin memiliki lebih banyak kontrol terhadap bagaimana barang dikirimkan.

Investasi ini adalah tanda bahwa Amazon tidak ingin terlalu bergantung pada perusahaan pengiriman seperti UPS dan FedEx.

Kecepatan dianggap sebagai kunci bagi Amazon, yang kini tengah mengalami persaingan ketat di kancah belanja online.

Di Amerika Serikat saja, Amazon bersaing ketat dengan Walmart dan Target, yang kini tengah menggenjot bisnis e-commerce.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com