Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malam Ini, Puncak Arus Balik Liburan "Long Weekend" di Penyeberangan Bakauheni-Merak

Kompas.com - 08/05/2016, 18:30 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT ASDP Indonesia Ferry mengumumkan puncak arus balik penyeberangan Bakauheni-Merak akan terjadi pada malam ini, Minggu (8/5/2016).

Meski begitu ASDP memastikan para penumpang jasa penyebrangan akan terlayani dengan baik.

"Kami melakukan uji coba pola operasional angkutan Lebaran, sehingga kapasitas (angkut) sangat cukup," ujar Direktur Utama ASDP Danang S Baskoro dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jakarta, Minggu (8/5/2016).

General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni Edi Hermawan mengatakan, ada sekitar 11.279 orang penumpang pejalan kaki, 5.569 unit sepeda motor, 1.880 unit mobil pribadi, dan sekitar 1.961 bus dan truk yang belum kembali ke Merak setelah menyeberang ke Bakauheni pada libur panjang pekan ini.

Meski rata-rata penumpang yang menyeberang sekitar 30.000 orang dan 10.000 kendaraan per hari, ASDP menyiapkan kapasitas penyeberangan Bakauheni-Merak mencapai 136.136 orang dan 35.616 per harinya.

Hal inilah yang membuat ASDP yakin seluruh pengguna jasa penyeberangan pada arus balik libur panjang pekan ini bisa terlayani dengan baik.

Sebagai antisipasi kepadatan di pelabuhan Bakauheni, ASDP menyiapkan 14 loket penumpang, empat loket untuk sepeda motor, dan tujuh loket untuk kendaraan roda empat.

"Sekitar 200 personil aparat keamanan gabungan diturunkan untuk mengamankan operasional angkutan libur panjang akhir pekan ini," kata Edi.

Jumlah total penumpang yang diseberangkan dari pelabuhan Merak pada libur panjang pekan ini mencapai 151.260 orang, dengan total kendaraan mencapai 32.870 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com