Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Investasi China Kini Banjiri AS

Kompas.com - 10/05/2016, 10:45 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber CNBC

NEW YORK, KOMPAS.com - Investasi-investasi dari China kini membanjiri Amerika Serikat. Semakin banyak perusahaan-perusahaan asal China yang menanamkan modalnya secara besar-besaran pada perusahaan-perusahaan AS.

Tahun lalu, transaksi investasi langsung dari China ke AS mencapai 15 miliar dollar AS. Capaian ini meningkat hampir 30 persen bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya dan mencatat rekor tertinggi baru.

Menurut laporan National Committee on U.S.-China Relations dan biro riset Rhodium Group, akan semakin banyak lagi investasi dari China yang masuk ke AS pada tahun 2016 ini.

"Di tahun 2016, investasi asing dari China akan cenderung tumbuh lebih cepat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya," tulis laporan tersebut seperti dikutip dari CNBC, Selasa (10/5/2016).

Perlambatan ekonomi di China dan kekhawatiran tentang kestabilan nilai tukar mata uang yuan telah mengakselerasi transaksi investasi China di luar negeri sejak pertengahan 2015.

Adapun rekornya adalah transaksi merger dan akuisisi senilai 100 moliar dollar AS di seluruh dunia.

Tahun ini, sudah ada 72 kesepakatan dengan valuasi sekitar 7,5 miliar dollar AS yang sudah ditutup.

Kesepakatan ini termasuk merger dan akuisisi serta aksi korporasi berupa private placement. Selain itu, ada 27 kesepakatan baru senilai sekira 33 miliar dollar AS yang menargetkan perusahaan-perusahaan AS.

Pada periode yang sama tahun sebelumnya, ada 59 kesepakatan senilai 2,9 miliar dollar AS berdasarkan data yang dirilis S&P Capital IQ.

Kompas TV Jokowi Ajak Tiongkok Investasi Puluhan Miliar Dollar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNBC


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com