Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ahok: Peletakan Batu Pertama Proyek LRT Bisa Dimulai Juni

Kompas.com - 10/05/2016, 11:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tetap optimistis pembangunan kereta api ringan (light rail transit/LRT) di Jakarta akan tetap berjalan sesuai target. Meskipun, pembangunannya masih terkendala perencanaan.  

Rencananya, mulai Juni depan PT Jakarta Propertindo (Jakpro), badan usaha milik daerah (BUMD) yang ditunjuk sebagai pelaksana pembangunan prasarana LRT di Ibukota, akan menggelar peletakan batu pertama atau groundbreaking.

Basuki Tjahaja Purnama, Gubernur DKI Jakarta mengatakan, pada bulan depan akan dilaksanakan groundbreaking sekaligus persiapan pekerjaan konstruksi.

Sehingga, pada Oktober kegiatan konstruksi akan bisa dilakukan. "Juni mulai pembersihan sambil persiapan kerja, bekerja betul ya bisa mulai Oktober," kata pria yang akrab disapa Ahok ini, Senin (9/5).

Terkait dengan perencanaan pembangunan, Ahok bilang, masih memerlukan sekali lagi rapat terbatas (ratas) yang dipimpin Presiden Joko Widodo untuk memutuskan mengenai alokasi anggaran pembangunan LRT.

Menurut Ahok, rencana ratas tengah disiapkan Kementerian Koordinator Perekonomian untuk segera dilakukan. "Pembangunan LRT tinggal sekali ratas, saya pikir sudah selesai dan prinsipnya sudah bisa berjalan," kata dia.

Asal tahu saja, sebelumnya pemerintah pusat dan pemprov DKI Jakarta masih berbeda pandangan mengenai tanggung jawab alokasi anggaran pembangunan LRT Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi (Jabodebek).

Hal ini dipicu dari keputusan penggunaan jenis rel untuk LRT, yakni standard gauge yang merupakan usulan Pemprov DKI atau narrow gauge usulan Kementerian Perhubungan. (Muhammad Yazid)

Kompas TV Apa Tujuan Pembangunan LRT?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber KONTAN


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com