Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RNI Gelar Operasi Pasar Tekan Harga Gula Sebelum Ramadhan

Kompas.com - 12/05/2016, 15:21 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) kembali menggelar Operasi Pasar murah (OP) Gula di beberapa daerah Jakarta dan Bogor.

Digelarnya OP bertujuan untuk menekan harga gula sebelum bulan Ramadhan. Direktur Utama PT RNI (Persero) Didik Prasetyo ,sekarang ini harga gula di minimarket sudah mencapai Rp 16.000 per kilogram.

Sehingga, katanya, sebagai Badan Usaha Milik Negara harusnya bisa memberikan manfaat yang optimal bagi masyarakat untuk memberikan harga gula yang terjangkau seharga Rp 12.500 per kilogram.

"Kalau baca koran tadi pagi ada pengusaha gula yang terpaksa tutup karena harga gula tinggi, sehingga adanya OP ini menjadi fungsi dari BUMN untuk stabilasi harga gula," ujarnya saat mengikuti Operasi Pasar Gula di Palmerah, Jakarta, Kamis (12/5/2016).

Dalam operasi pasar ini Didik menyiapkan 100 ton gula yang diambil dari stok tahun lalu. Ia mengakui stok gula nasional selama ini masih cukup sampai masa giling 21 Mei 2016.

"Karena ini kan per tanggal 21 Mei nanti kan ada giling sampe ada masa giling. Jika harga masih tinggi kami akan terus melakukan operasi pasar lagi supaya harga gula stabil dilevel Rp 11.500 seperti ibu Menteri inginkan," pungkasnya.

Ia berharap dengan adanya OP ini harga gula di pasar bisa jadi stabil dan terjangkau bagi masyarakat.

"Mudah-mudahan dengan OP ini harga bisa stabil sampai nanti Ramadhan. Kami akan liat sampai Ramadhan kalau harga gula tinggi lagi kami akan lakukan OP lagi," tuturnya.

Operasi Pasar ini berlangsung selama dua hari ini berturut-turut dan tanggal 12 Mei 2016 hingga tanggal 13 Mei 2016 di 10 titik yang tersebar di DKI Jakarta dan Bogor.

Kompas TV Pemerintah Gelar Operasi Pasar Beras

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com