Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Disarankan Tingkatkan Investasi dan Inovasi dalam Produksi Pertanian

Kompas.com - 14/05/2016, 14:30 WIB
Rakhmat Nur Hakim

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam acara konferensi internasional "Ïn The Zone" dengan tema "Feeding The Zone" Sabtu (14/5/2016) di Djakarta Theater XXI Ballroom, Jakarta, beberapa pembicara yang hadir memberikan saran bagi pemerintah dalam rangka optimalisasi swasembada pangan.

Mari Elka Pangestu mantan Menteri Perdagangan dan Juga Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di era Pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, mengatakan bahwa ada dua hal penting dalam upaya optimalisasi swasembada pangan.

"Pertama tingkatkan investasi dalam produksi. Dulu itu kami lakukan. Saat itu harga turun karena ada distorsi dalam penentuan harga oleh pemerintah," kata Mari sebagai pembicara konferensi internasional "In The Zone" dengan tema "Feeding The Zone" Sabtu (14/5/2016) di Djakarta Theater XXI Ballroom, Jakarta.

Selanjutnya, sangat penting pula untuk meningkatkan inovasi dalam produksi. "Berikutnya kami mengurangi harga lewat intervensi harga dan subsidi ekspor. Dua hal itu yang harus dilakukan lagi,"kata dia.

Acara tersebut juga dihadiri oleh SBY selaku pemateri acara. Acara tersebut diselenggarakan Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) bekerja sama dengan The PerthUSAsia Centre.

Forum tersebut difokuskan untuk membahas tantangan sektor agrikultur di kawasan Indo-Pasifik, khususnya dalam memenuhi kebutuhan konsumen di tengah melonjaknya populasi manusia.

Kompas TV Ini Dia Sorgum, Sumber Pangan ke-5

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com