Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penumpang Pesawat Lion Air dari Singapura Masuk Terminal Domestik Bandara Cengkareng

Kompas.com - 15/05/2016, 10:17 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Penumpang pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 161 dari Singapura menuju Bandara Soekarno Hatta, Tangerang seharusnya masuk Terminal 2. Akan tetapi, para penumpang malah masuk Terminal 1B yang merupakan terminal domestik.

Peristiwa ini terjadi pada 10 Mei 2015 lalu Akhirnya, penumpang pesawat tersebut tidak melakukan prosedur imigrasi layaknya ketika pesawat penerbangan internasional tiba.

Pihak Lion Air pun menanggapi kabar ini. Direktur Umum Lion Air Edward Sirait menjelaskan, pesawat yang membawa 182 penumpang tersebut mendarat pukul 19.20 dan diarahkan parkir di remote area oleh pengawas Air Traffic Controller (ATC).

"Untuk setiap pesawat yang parkir di remote area sudah kami siapkan bus untuk mengantar penumpang ke terminal. Apa yang terjadi adalah terdapat salah satu supir bus yang akan menjemput penumpang dari Padang dan mengira bahwa penumpang JT 161 adalah dari Padang dan membawa penumpang ke terminal 1B", kata Edward dalam keterangan yang diterima, Sabtu (14/5/2016).

Setelah petugas menyadari telah terjadi kesalahan, maka penumpang JT 161 langsung diarahkan kembali ke bus untuk dibawa ke Terminal 2. Sebelumnya, kabar tersebut menjadi viral di media sosial.

Akibat kesalahan prosedur tersebut, penumpang WNI dan WNA tak melakukan prosedur imigrasi dan statusnya menjadi illegal entry.

"Akibat dari laporan masyarakat ini, tanggal 15 Mei 2016 pihak Otoritas Bandara Soetta akan memanggil pihak-pihak terkait dan dilakukan investigasi. Kemenhub akan memberikan sanksi kepada pihak-pihak yang lalai," jelas Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan Hemi Pamurahardjo.

Kompas TV Lion Air Tembus 500 Penerbangan per Hari

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com