Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuartal I-2016, Penyaluran Kredit Konsumer BRI Capai Rp 120 Triliun

Kompas.com - 17/05/2016, 18:39 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk melaporkan outstanding kredit konsumer, yakni BRIguna mencapai Rp 120,45 triliun pada kuartal I-2016.

Pencapaian tersebut  tumbuh sebesar 113 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya yakni Rp 107,06 triliun.

Adapun rasio kredit bermasalah atau non performing loan (NPL) khusus untuk BRIguna berada di posisi 1,53 persen per posisi Maret 2016.

“Atau lebih baik jika dibandingkan dengan NPL di periode yang sama di tahun 2015 yakni 1,58 persen,” kata Corporate Secretary BRI Hari Siaga Amijarso dalam keterangan resmi, Selasa (17/5/2016).

Ditargetkan, sampai akhir tahun 2016 nanti BRI dapat membukukan realisasi kredit BRIguna hingga sebesar Rp 130,28 triliun. Sebelumnya di tahun 2015 lalu, BRI telah menyalurkan kredit serupa sebesar Rp 116,59 triliun.

Menurut Hari, target tersebut dapat dicapai dengan cara optimalisasi pemasaran BRIguna melalui jaringan kerja BRI yang luas dan tersebar di seluruh Indonesia serta memanfaatkan trickle down effect dari institusi-institusi yang menjadi debitur pinjaman komersial existing BRI melalui cross-selling & bundling product.

BRIguna merupakan kredit yang diberikan kepada debitur dengan sumber pembayaran (repayment) berasal dari sumber penghasilan tetap (gaji/ uang pensiun).

“Meskipun produk ini termasuk dalam kredit konsumer namun banyak nasabah yang menggunakannya untuk kebutuhan investasi,” ujar Hari.

Sebagai informasi, besaran pinjaman yang dapat diberikan untuk BRIguna maksimal sebesar 80 persen dari Take Home Pay dengan bunga mulai dari 8,28 persen per tahun dan tenor hingga 15 tahun.

Debitur kredit ini juga dilengkapi Asuransi perlindungan Jiwa tanpa medical check up sampai dengan Rp 500 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com