Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung Penjaminan dan Resolusi Bank, LPS Gandeng 6 Kantor Akuntan Publik

Kompas.com - 20/05/2016, 14:45 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menjalin kerja sama dengan 6 kantor akuntan publik (KAP). Kerja sama ini bertujuan mendukung fungsi, tugas, dan wewenang LPS terutama dalam penjaminam resolusi bank.

Kerja sama dilakukan oleh Kepala Eksekutif LPS Fauzi Ichsan bersama pimpinan 6 KAP, yaitu dari KAP Amir Abadi Jusuf, Aryanto, Mawar, dan Rekan (RSM), KAP Osman Bing Satrio & Eny dan Rekan (Deloitte), dan KAP Tanuredja, Wibisana, Rintis, dan Rekan (PWC).

Dilakukan pula kerja sama dengan KAP Tanubrata, Sutanto, Fahmi, dan Rekan (BDO), KAP Siddharta, Widjaja, dan Rekan (KPMG), serta KAP Purwantoro, Sungkoro, dan Surja (EY).

"Kerja sama dengan KAP ini sangat penting karena dalam beberapa kondisi pelaksanaan tugas, fungsi, dan wewenang LPS membutuhkan alokasi sumber daya yang kompeten dalam jumlah yang besar dengan urgensi waktu yang tinggi," kata Fauzi di Jakarta, Jumat (20/5/2016).

Lebih lanjut, Fauzi menyatakan, dengan kerja sama inj maka diharapkan persiapan dan pelaksanaan resolusi bank dapat berjalan lebih efektif dan optimal.

Ini terutama setelah terbitnya Undang-undang Pencegahan dan Penanganan Krisis Sistem Keuangan (PPKSK). Kerja sama ini mencakup dua lingkup pekerjaan, yakni pekerjaan asuransi (opini) dan asisten dan pebantuan tenaga.

Hingga 31 Maret 2016, LPS telah membayar klaim penjaminan simpanan layak bayar nasabah sebesar Rp 773,93 miliar dari tahun 2005. Ini dibayarkan untuk nasabah dari 65 bank yang telah dilikuidasi, yakni 1 bank umum dan 64 bank perkreditan rakyat (BPR).

Kompas TV Bank Mandiri Akan Turunkan Suku Bunga Kredit

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com