Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Investor Ramai-ramai Protes Gaji CEO di Inggris, Ada Apa?

Kompas.com - 23/05/2016, 07:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber CNN Money

LONDON, KOMPAS.com - Asosiasi pemegang saham individual Inggris ShareSoc menyatakan gaji para CEO di Inggris harus dipangkas setidaknya 50 persen. Ada apa dan apa yang menjadi alasannya?

Pada Jumat (20/5/2016) pekan lalu, ShareSoc mempublikasikan pedomannya yang terbaru.

Asosiasi ini menginginkan bonus tahunan CEO perusahaan-perusahaan terbesar Inggris berada pada angka 100 persen dari gaji, sementara saat ini adalah 200 persen dari gaji.

Adapun insentif jangka panjang juga harus dibatasi menjadi 100 persen dari gaji, bukan 300 persen.

"Kami benar-benar memperhatikan tentang berlanjutnya tren remunerasi CEO yang berlebihan dan tidak perlu," kata pimpinan ShareSoc Mark Northway.

Serangan dan kritik atas gaji eksekutif terus berlanjut sejalan dengan semakin banyak investor yang mempertanyakan kesenjangan antara imbal hasil yang rendah dengan gaji yang naik dengan cepat.

Para investor juga cemas dengan melebarnya perbedaan antara rerata gaji dengan gaji tertinggi.

Deutsche Bank menjadi perusahaan besar teranyar yang menghadapi protes dari pemegang saham terkait gaji CEO pada Rabu pekan lalu. Sebelumnya, investor BP dan Weir menolak besaran gaji CEO bulan lalu.

Anglo American, Standard Chartered, Citigroup, Renault, dan Shire juga menghadapi perlawanan dari pemegang saham, meski dalam skala lebih kecil.

Perlawanan besar lainnya dikabarkan bakal terjadi pada bulan Juni 2016 mendatang terkait gaji Martin Sorrell, CEO raksasa periklanan WPP.

Gaji Sorrell mencapai 70 juta poundsterling atau 102 juta dollar AS pada tahun 2015. Besaran ini 1.444 kali lipat dari rata-rata gaji pegawai WPP yang mencapai 125.000 orang.

Kompas TV Kontroversi Gaji Dipotong Tapera

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN Money


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com