Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Program Ekonomi Berhasil, Fertilitas Jepang Naik Tertinggi Sejak 1994

Kompas.com - 24/05/2016, 09:45 WIB
Aprillia Ika

Penulis

Sumber Bloomberg

KOMPAS.com - Dampak kebijakan ekonomi Perdana Menteri Shinzo Abe sedikit terasa pada fertilitas Jepang di 2015, dimana program ekonomi negara ini adalah untuk menghambat turunnya populasi Jepang.

Indeks fertilitas naik 1,46 di 2015, atau naik 0,04 persen dibanding 2014, menurut data Kementerian Kesehatan. Kontribusi fertilitas tertinggi pada wanita usia 30-34 tahun.

Naiknya kondisi ekonomi di 2013 dan 2014, dua tahun sejak PM Abe mengkampanyekan reflasi, merupakan kunci naiknya fertilitas ini.

Namun, kenaikan ini msih kecil dan belum dapat diartikan sebagai kenaikan yang substansional untuk jumlah kelahiran bayi baru.

Seperti diketahui, populasi Jepang terus menurun dimana jumlah ekmatian melebihi jumlah kelahiran.

Jumlah kelahiran di 2015 sebanyak 1 juta kelahiran, naik 2.117 kelahiran dibanding 2014, menurut laporan Kementerian Kesehatan.

Abe memaparkan target pertumbuhan populasi pada tahun lalu, salah satunya dengan mendorong jumlah kelahiran pada wanita, menjadi 1,8 kali dibanding 1,43 kali di 2013.

Langkah ini positif, namun Jepang masih tertinggal dalam hal kelahiran baru dibanding engara maju lain.

Perancis, indeks fertilitasnya diatas 2 persen. Sementara Swedia, Amerika Serikat, Inggris, Jerman memilki indeks fertilitas diatas 1,5 atau diatas Jepang.

Kompas TV Inilah Seni Bela Diri dari Jepang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Bloomberg


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com