Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bulog Sub Divre Parepare Minta Keleluasaan untuk Operasi Pasar

Kompas.com - 25/05/2016, 18:25 WIB

PAREPARE, KOMPAS.com - Perum Bulog Sub Divre Parepare meminta keleluasaan dalam pelaksanaan operasi pasar beras, sehingga tidak terhambat birokrasi.

Kepala Sub Divre Bulog Parepare Mahmud Hentihu mengatakan operasi pasar perlu dilakukan dengan cepat untuk menjaga stabilitas harga pangan, utamanya beras di daerah tertentu.

Namun dalam praktiknya, pihaknya harus mendapatkan izin atau rekomendasi dari berbagai instansi. Sehingga, operasi pasar sering tidak tepat karena proses perizinan yang panjang.

"Ada persepsi bahwa saat Bulog akan melakukan operasi pasar, hal itu dianggap sebagai kegagalan pemerintah daerah mengendalikan harga, sehingga rekomendasi dari pemda sulit keluar. Padahal kondisinya tidak seperti itu," ujarnya dalam Media Tour Bulog ke Sulawesi Selatan, Rabu (25/5/2016).

Menurut Mahmud, dengan operasi pasar, Bulog justru membantu pemerintah daerah melakukan stabilisasi harga pangan. Sehingga, inflasi tidak melejit.

Untuk itu, pihaknya mengusulkan agar operasi pasar bisa terlaksana cukup dengan mengantongi surat perintah dari pemerintah pusat. Dengan demikian, kegiatan stabilisasi harga pangan bisa dilakukan secara efektif.

Sementara itu dalam rangka menghadapi bulan Puasa dan Lebaran, Bulog Divre Sulawesi Selatang Barat (Sulselbar) berencana untuk melakukan operasi pasar di sejumlah wilayah.

Mahmud menyatakan pihaknya siap untuk menjaga harga beras tetap stabil saat memasuki Puasa dan Lebaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com