Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perkembangan E-commerce Indonesia Sangat Bagus

Kompas.com - 26/05/2016, 20:54 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dewan Penasihat Asosiasi E-commerce Indonesia (IdEA) Emirsyah Satar mengakui perkembangan e-commerce Indonesia saat ini sangat bagus.

Itu dilihat dari perkembangan bisnis e-commerce yang dulu hanya melayani pelanggan (Business to Consumer/B2C), tapi kini juga melayani pemerintah lewat pengadaan barang dan jasa (Business to Government/B2G).

"Saya rasa, so far terlihat bahwa dari tahun ke tahun, perkembangannya semakin bagus," ujar Emirsyah di Jakarta, Kamis (26/5/2016).

Emirsyah memprediksikan pada tahun 2020 penjualan e-commerce khusus untuk B2C akan mencapai 16 miliar dolar AS atau Rp 216,7 triliun.

Menurut dia, tantangan e-commerce saat ini adalah modal kerja. Tanpa ada modal kerja yang pasti, e-commerce tidak akan berjalan dengan lancar.

"Accesbility juga, kita ingin e-commerce ini menjangkau seluruh Indonesa," pungkas Emirsyah yang juga menjabat sebagai Chairman Mataharimall.com.

Emirsyah berharap Pemerintah dan swasta bersama-sama menciptakan ekosistem yang baik untuk e-commerce.

Agar e-commerce Indonesia bisa menjadi terdepan di ASEAN dan dunia.

"Ini kan awal-awal, ini PR (pekerjaan rumah) kita bersama jangan hanya pemerintah, pemain juga, bagaimana kita menciptakan ekosistem yang men-support," tutup Emirsyah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com