Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Optimistis Efisiensi 'Oil Losses' 2016 Bisa 200 Juta Dollar AS

Kompas.com - 27/05/2016, 16:52 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) optimistis efisiensi kehilangan minyak (oil Losses) pada tahun 2016 bisa mencapai 200 juta dollar AS atau Rp 2,7 triliun.

Efisiensi ini dilakukan Pertamina lewat program Pembenahan Tata Kelola Arus Minyak (PTKAM).

Direktur utama Pertamina Dwi Soetjipto mengatakan, lewat program PTKAM, perusahaan yakin dapat mencapai target efesiensi kehilangan minyak.

Apalagi, hingga April tahun ini, PTKAM telah mengefesiensikan kehilangan minyak senilai 105 juta dollar AS atau Rp 1,4 triliun.

"Apabila terus dipertahankan kinerja saat ini, kami yakin bisa 200 juta dollar AS," ujar Dwi dalam acara PTKAM summit 2016, di Kantor Pertamina Pusat, Jakarta, Jumat (27/5/2016).

Dwi menuturkan, melakukan efisiensi tidak hanya melakukan pemutusan kerja karyawan, pengurangan Capex (pengurangan belanja Modal) dan Opex (pengurangan dana operasional), tapi bisa juga melalui PTKAM.

"Losses pada arus minyak merupakan musuh bersama. Manajemen dan pekerja sepakat untuk sama-sama puasa dan berjuang mencari bentuk-bentuk lain efisiensi, salah satunya adalah memerangi losses," pungkas Dwi.

Sementara itu, Direktur Sumber daya manusia dan umum Pertamina Dwi Wahyu Daryoto mengatakan pada tahun 2015 pertamina bisa menurunkan kehilangan minyak 0,34 persen.

Angka itu jauh di bawah nilai angka batas toleransi internasional yang tahun ini sebesar 0,5 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com