Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wall Street Alami "Minggu Terbaik" Perdagangan Saham sejak Maret

Kompas.com - 30/05/2016, 08:00 WIB
Aprillia Ika

Penulis

Sumber Reuters

KOMPAS.com - Perdagangan saham di Wall Street, Amerika Serikat (AS), naik pada Jumat (27/5/2016) dan mencatatkan sebagai minggu terkuat sejak Maret.

Perdagangan saham di bursa AS naik setelah pimpinan federal Reserve janet Yellen mengatakan kenaikan suku bunga acuan akan dilakukan pada "beberapa bulan" mendatang.

Yellen merupakan suara terkuat dalam aneka pendapat para penentu kebijakan yang sebelumnya bersuara, mengatakan perekonomian AS meningkat dan dengan demikian sejumlah investor menanti kenaikan suku bunga AS di Juni atau Juli.

Suku bunga yang lebih tinggi akan mencekik likuiditas pasar saham, banyak investor melihat potensi kenaikan suku bunga sebagai kepercayaan diri perekonomian AS menapakkan dirinya.

"Seiring dengan posisi AS di perekonomian global, segala hal terlihat meningkat dan di Juli atau Juni akan ada poin keberlanjutan," kata Paul Springmeyer, portfolio manager di Private Client Reserve dari U.S. Bank.

"Dengan meningkatnya kekuatan, kami sebaiknya meningkatkan level rendah yang saat ini ada," lanjut dia.

Setelah pidatop Yellen, para pedagang menaikkan ekspektasi kenaikan suku bunga di Juni menjadi 34 persen dari 30 persen, menurut CME Group.

Pertemuan Fed akan dihelat pada 14-15 Juni 2016 mendatang.

Data pada Jumat menunjukkan bahwa perekonomian AS melambat pada kuartal pertama, walauopun perlambatan tidak setajam yang diperkirakan.

Pada perdagangan saham Jumat, 10 indeks sektoral S&P 500 naik, dengan kenaikan tertajam di indeks telekomunikasi dan keuangan.

Indeks Dow Jones Industrial Average DJI naik 0,25 persen ke level 17.873,22 dan indeks S&P 500 naik 0,43 persen ke level 2.099,06.

Indeks Nasdqaq Composite naik 0,65 persen ke level 4.933,51. seoanjang 2016, S&P sudah naik 2,7 persen.

Volume perdagangan saham AS di Jumat tidak banyak, seiring tutupnmya Wall Street di Senin untuk memperingati Memorial Day.

Hanya 5,6 miliar saham berpindah tangan di bawah rata-rata 7,1 miliar per perdagangan dalam 20 sesi perdagangan terakhir.

Kompas TV The Fed Naikkan Bunga?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com