Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peningkatan Kualitas SDM, Pemerintah Bentuk Badan dari Tiga Unsur

Kompas.com - 02/06/2016, 15:34 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah menyiapkan sebuah badan yang akan mengurus peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), yang terdiri dari tiga unsur pemerintah, dunia usaha, dan dunia pendidikan.

Ketua Kompartemen Ketenagakerjaan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bob Azzam mengatakan, perekonomian ke depan akan sangat bergantung pada ketrampilan SDM.

Guna mempercepat pengembangan SDM itu, maka perlu adanya sinergi antara pemerintah, pelaku usaha, dan dunia pendidikan.

"Enggak bisa jalan sendiri-sendiri. Dalam waktu dekat akan dibentuk badan yang mengkoordinasikan ini semua, yang melibatkan tiga unsur terpadu," kata Bob kepada wartawan usai rapat dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, di Jakarta, Kamis (2/6/2016).

Saat ini pembentukan badan tersebut tengah digodok di tingkat Kementerian Koordinator.

Bob pun mengaku belum mengetahui pihak mana yang nantinya akan menjadi leader badan tersebut.

Ditemui dalam kesempatan sama, Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri menyampaikan, rapat siang ini merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Joko Widodo.

"Pak Presiden kan minta agar terkait dengan SDM berkualitas ini, kita lebih fokus dan massif," ucap Hanif.

Hanif mengatakan, sektor mana saja yang dijadikan prioritas harus diketahui semua untuk penyediaan pelatihan vokasional maupun pendidikan vokasional.

Hanif menambahkan, pemerintah juga tengah menyusun skema agar sektor privat juga bisa menyediakan pelatihan kerja untuk pengembangan SDM.

Sementara itu, soal anggaran, dia bilang pembicaraan baru tahap awal.

Belum diketahui pasti, apakah anggaran untuk pelatihan dan pendidikan vokasional akan diajukan dalam APBNP 2016 mendatang.

"Tapi prinsipnya, untuk mempercepat kualitas SDM ini, selain koordinasi, soal anggaran atau pembiayaan termasuk swasta itu sesuatu yang harus dihitung," pungkas Hanif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com