Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Dana untuk Lumpur Lapindo di RAPBNP 2016, Ini Penjelasan Menteri Keuangan

Kompas.com - 03/06/2016, 16:27 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah kembali mengusulkan alokasi anggaran sebesar Rp 54,3 miliar untuk lumpur Lapindo.

Usulan tersebut tertulis dalam nota keuangan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) Perubahan 2016.

Dalam nota keuangan tersebut disebutkan, untuk menjamin pelunasan pembelian atas tanah dan bangunan kepada masyarakat korban di dalam peta area terdampak lumpur Sidoarjo, pemerintah mengalokasikan cadangan pembiayaan untuk dana antisipasi pembayaran kepada masyarakat terdampak lumpur Sidoarjo sebesar Rp 54,3 miliar.

Disebutkan pula, cadangan pembiayaan untuk dana antisipasi tersebut dialokasikan untuk memenuhi kekurangan alokasi tahun anggaran 2015 yang digunakan untuk pembayaran kepada masyarakat yang memiliki tanah dan bangunan yang terkena luapan lumpur Sidoarjo dalam peta area terdampak 22 Mei 2007.

Cadangan pembiayaan untuk dana antisipasi pembayaran tersebut bila digunakan akan menjadi pinjaman PT Lapindo Brantas Inc./PT Minarak Lapindo Jaya kepada pemerintah.

Dikonfirmasi soal hal tersebut, Menteri Keuangan Bambang PS Brodjonegoro menegaskan, pemerintah kembali mengalokasikan dana untuk lumpur Lapindo sebab masih ada masyarakat yang belum ter-cover, paska audit Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

"Itu ada yang kurang. Jadi waktu terakhir kita memberikan, menurut auditnya BPKP rupanya ada yang belum ter-cover. Jadi belum terbayarkan," kata Bambang di kantornya, Jakarta, Jumat (3/6/2016).

Bambang juga memastikan, dana dari APBN itu menjadi pinjaman yang harus dikembalikan oleh Lapindo, dengan bunga yang sama seperti dana talangan yang disetujui dalam tahun anggaran 2015.

Sebagai informasi, selain mengalokasikan dana antisipasi sebesar Rp 54,3 miliar, pemerintah juga memberikan insentif berupa PPh DTP atas penghasilan dari pengalihan hak atas tanah dan/atau bangunan yang diterima atau diperoleh masyarakat yang terkena luapan lumpur Sidoarjo sebesar Rp 41,8 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com