Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angkasa Pura II Butuh Rp 30 Triliun untuk Pengembangan Bandara

Kompas.com - 05/06/2016, 08:02 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura ll (Persero) membutuhkan dana investasi sekitar Rp 30 triliun untuk melakukan pengembangan Bandara Soekarno-Hatta selama lima tahun ke depan.

Direktur Keuangan Angkasa Pura ll, Andra Y Agussalam, mengatakan, kebutuhan dana tersebut di antaranya untuk membangun terminal kurang lebih Rp 5 triliun, jaringan listrik, air, jalan, kurang lebih Rp 2 triliun.

East cross Rp 2 triliun, runway 3 untuk konstruksi Rp 2 triliun, cargo village dan masih banyak lagi.

"Total investasi lima tahun ke depan sekitar demikian (Rp 30 triliun)," ujar Andra saat dihubungi Kompas.com, Minggu (5/6/2016).

Skema pembiayaan pun mulai ditempuh perseroan. Mulai dari penerbitan surat utang obligasi sampai mengajukan pinjaman dari sejumlah bank BUMN, di antaranya PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.

Dari total kebutuhan dana sebesar Rp 30 triliun, 85 persennya akan dialokasikan untuk pengembangan bandara Soekarno-Hatta, dan sisanya akan dialokasikan untuk bandara-bandara lain yang dikelola AP II.

"Soekarno-Hatta 85 persen, sisanya 15 persen untuk Bandung, Pontianak, Padang, Palembang, Pangkal Pinang, Pekanbaru, Kualanamu, Aceh," ujar Andra.

Angkasa Pura ll telah menerbitkan obligasi dengan nilai sebanyak-banyaknya Rp 2 triliun melalui penawaran umum pada Juni 2016.

Obligasi yang diterbitkan perseroan terbagi dalam tiga seri, yaitu seri A bertenor lima tahun dengan bunga kupon 8,50 sampai 8,75 persen, seri B bertenor tujuh tahun dengan bunga kupon 8,75 sampai 9 persen, dan seri C bertenor 10 tahun dengan bunga kupon 9 sampai 9,25 persen.

Kompas TV Pengerjaan Terminal 3 Soetta Terus Dikebut

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com