Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sifat Ini Dimiliki oleh Para Miliarder, Silakan Tiru!

Kompas.com - 05/06/2016, 13:50 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com - Kehidupan dan kisah sukses para miliarder dunia selalu menarik untuk dicermati. Nah, ternyata ada satu sifat umum yang dimiliki para miliarder yang patut Anda tiru dalam kehidupan sehari-hari. Apakah itu?

Setelah mempelajari ratusan sosok miliarder yang meraup kekayaan dengan usahanya sendiri, pakar kepemimpinan Dr Jude Miller Burke menemukan ada satu sifat sama yang dimiliki oleh para miliarder tersebut, yakni memiliki sifat kehati-hatian.

"Kepribadian yang paling terkait satu sama lain dengan studi pencapaian pekerjaan tingkat tinggi dan dikonfirmasikan dalam riset lainnnya adalah sifat kehati-hatian. Para miliarder dan multimiliarder lebih menunjukkan sifat ini ketimbang orang-orang yang kurang sukses," ujar Burke.

Studi ini ditulis Burke dalam laporan bertajuk The Milliarder Mistique. Dia melakukan studi selama tiga tahun terhadap hampir 200 orang miliarder yang memperoleh kekayaannya dengan usaha dan jerih payah sendiri.

Burke menjelaskan, orang yang memiliki sifat kehati-hatian cenderung terorganisir dengan baik, memiliki disiplin tinggi, dan dapat diandalkan. Mereka bekerja keras dalam menghadapi beragam tantangan dan dapat mengendalikan sifat-sifat impulsif.

"Mereka merencanakan sesuatu dengan hati-hati, mengeksekusi rencana mereka, dan mematangkan sifat mengenali dan menghargai diri sendiri yang berasal dari menepati janji dan bekerja pada standar tinggi," kata dia.

Ada beberapa riset yang juga menemukan kaitan erat sifat kehati-hatian dengan kesuksesan. Studi yang dihelat National Institute of Mental Health menemukan orang-orang yang memiliki sifat tersebut memperoleh gaji yang lebih tinggi.

National Institute on Aging juga menemukan bahwa sifat kehati-hatian terkait erat dengan pendapatan dan kepuasan dalam bekerja. Studi-studi lainnya menemukan bahwa sifat kehati-hatian adalah faktor terpenting dalam menemukan pekerjaan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com