Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuota Mudik Gratis Masih Tersedia, Segera Daftar

Kompas.com - 06/06/2016, 16:42 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kuota mudik gratis bagi pengendara sepeda motor masih tersedia.

Berdasarkan data Kementerian Perhubungan (Kemenhub), kuota sepeda motor yang diangkut oleh kereta api masih tersisa 5.340 sepeda motor.

"Sementara untuk moda bus, hingga 6 Juni ini masih tersisa kuota 5.528 sepeda motor dan penumpang sebanyak 13.053," ujar Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Hemi Pamuraharjo dalam siaran pers, Jakarta, Senin (6/6/2016).

Pendaftaran mudik gratis tersebut bisa dilakukan secara dalam jaringan (online) maupun secara langsung di sejumlah tempat di Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

"Pendaftaran secara online melalui portal mudikgratis.dephub.go.id dibuka pada 13 Mei 2016 sampai dengan 12 Juni 2016," kata Hemi beberapa waktu lalu.

Sedangkan, pendaftaran offline dibuka pada 16 Mei 2016 sampai dengan 12 Juni 2016.

Terkait persyaratan pendaftaran meliputi: sepeda motor harus dalam keadaan orisinil dan laik jalan, STNK dan pajak kendaraan dalam keadaan hidup (dilunasi), dan membawa identitas diri (KTP, KK, STNK, dan SIM).

Tahun ini, Kemenhub menyediakan kuota mudik gratis pengendara sepeda motor yang diangkut menggunakan KA mencapai 15.834 sepeda motor.

Sementara untuk kuota mudik gratis yang diangkut bus mencapai 12.000 sepeda motor dan 24.000 penumpang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com