Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung Wirausahawan Mikro, Allianz Indonesia Luncurkan Program Investasi Unik

Kompas.com - 07/06/2016, 17:22 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Allianz Indonesia, melalui Yayasan Allianz Peduli, memperkenalkan Trust Network Finance (TNF), proyek percobaan untuk pemberdayaan ekonomi wirausahawan mikro.

“Kami meluncurkan proyek percobaan TNF ini untuk mendukung wirausahawan mikro yang berbakat. Di sini, kami memberikan investasi sederhana dan ringan," kata Joachim Wessling, Country Manager & Direktur Utama Allianz Life Indonesia Selasa (7/6/2016).

Apabila mereka bisa mengelola dan dapat mengembalikan dana investasi tersebut dengan pembagian keuntungan secara sukarela, ujar Joachim, maka Allianz dapat mempercayai mereka karena program ini mengedepankan prinsip kepercayaan antara Allianz dan wirausahawan mikro.

"Program ini belum pernah diterapkan di manapun sebelumnya. Kami berharap program seperti ini dapat diterima oleh masyarakat,” ujar Joachim.  

TNF memberikan kesempatan bagi wirausahawan mikro untuk mendapatkan modal investasi bisnis tetapi berbeda dengan pembiayaan konvensional.

TNF tidak mengenakan bunga, tidak ada jangka waktu pasti pembayaran dan penerima dana investasi tidak perlu memberikan jaminan.

Program TNF ini sepenuhnya sesuai dengan prinsip syariah.

Untuk dapat mengikuti program TNF ini, penerima dana investasi terpilih harus mengikuti tiga tahapan utama: seleksi, pendampingan dan formalisasi bisnis.  

“Kami percaya bahwa wirausahawan mikro yang mahir harus mendapatkan kesempatan untuk dapat mengembangkan bisnis dan berkontribusi dalam kemajuan masyarakat Indonesia. Kami di sini tidak hanya mendukung mereka secara finasial, tapi juga akan melakukan pendampingan dan menganalisa perkembangan mereka untuk memastikan mereka menjadi pengusaha profesional di masa yang akan datang," ujar Joachim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com