Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google, Merek Paling Bernilai di Dunia Tahun Ini

Kompas.com - 08/06/2016, 12:30 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com — Google telah menggeser Apple sebagai merek paling bernilai atau Most Valuable Global Brand untuk tahun 2016. Predikat ini diberikan oleh biro konsultan merek, Millward Brown, dalam daftar Brandz yang dirilis tiap tahun.

Sama seperti tahun sebelumnya, merek-merek teknologi mendominasi 10 besar daftar tersebut.

Pemeringkatan didasarkan pada wawancara terhadap lebih dari tiga juta konsumen dan data kinerja keuangan dan bisnis tiap perusahaan. Berikut lima besar merek global paling bernilai tahun ini versi Brandz.

1. Google

Valuasi Google mencapai 229,2 miliar dollar AS. Menurut Millward Brown, Google menanjak ke peringkat teratas berkat inovasi terus-menerus, meningkatnya pendapatan iklan, dan pertumbuhan bisnis cloud.

Selain itu, menurut Millward Brown, Google juga sangat transparan mengenai apa yang sedang dikerjakannya. Ini membantu meningkatkan nilai merek Google sendiri.

2. Apple

Valuasi Apple mencapai 228,5 miliar dollar AS. Menurut Millward Brown, kurangnya peluncuran produk baru telah berdampak pada valuasi merek Apple.

Namun, investasi Apple terhadap Didi ChuXing di China, kata Millward Brown, telah menunjukkan bahwa Apple telah bergerak secara progresif untuk membangun ekosistem yang tak hanya dilayani gawai, tetapi jasa.

Layanan jasa lain yang diluncurkan Apple adalah Apple Music.

3. Microsoft

Valuasi Microsoft mencapai 121,8 miliar dollar AS. Menurut Millward Brown, Microsoft adalah merek b2b (business to business) paling bernilai di seluruh dunia.

Microsoft telah mengalami pertumbuhan di bisnis cloud komersialnya, didorong program Office 365 dan Windows 10.

4. AT&T

Valuasi perusahaan telekomunikasi ini mencapai 107,4 miliar dollar AS. Millward Brown menyoroti AT&T telah menyingkirkan para pesaingnya dengan bundling quadplay setelah mengakuisisi DirecTV.

AT&T juga bermitra dengan perusahaan otomotif, seperti Ford, BMW, dan Tesla.

5. Facebook

Valuasi Facebook mencapai 102,6 miliar dollar AS. Facebook dipandang telah melanjutkan kinerja keuangan yang kuat pada tahun 2015 dan bertransformasi menjadi platform media.

Millward Brown juga memuji Facebook dalam visi jangka panjang pada area seperti virtual reality dan kecerdasan artifisial serta menghubungkan area yang belum terjamah internet. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com