Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DP Pertamina Tempatkan Aset Investasi Di ETF SRI-KEHATI

Kompas.com - 08/06/2016, 20:29 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dana pensiun Pertamina dengan total aset kelolaan sebesar Rp 9,8 triliun hingga Mei 2016 ini, menjalin kerjasama pengelolaan investasi melalui reksa dana premier ETF SRI-KEHATI yang berisi kurang lebih 25 saham yang mengacu pada tata cara Sustainable and Responsible Investment (SRI).

Direktur Utama Dana Pensiun Pertamina, Adrian Rusmana mengatakan, pemilihan penempatan investasi DP Pertamina pada ETF berdasar pada penempatan investasi yang memperhatikan kelestarian lingkungan hidup, sosial masyarakat dan ekonomi.

"Kenapa ETF, karena kita melihat produknya, ada berbagai macam produk di market, jumlah sahamnya banyak, tetapi yang ada dalam satu keranjang dengan jumlah saham yang beragam itu hanya dimiliki ETF," ujar Adrian di Jakarta, Rabu (8/6/2016).

Meski tak menyebutkan besaran porsi investasi yang ditempatkan di ETF SRI-KEHATI dengan kode saham XISR, namun Adrian menyebutkan penyertaan investasi akan dilakukan secara bertahap.

"Untuk nilai penyertaannya tidak bisa kami sebutkan, yang pasti kita memilih SRI KEHATI karena sahamnya sesuai dengan perkembangan lingkungan yang akan terus tumbuh," tutur Adrian.

Direktur Utama PT Indo Premier Investment Management (IPIM), Diah Sofiyanti menuturkan, XISR memberikan kemudahan bagi Dana Pensiun Pertamina untuk berinvestasi pada saham-saham yang memiliki tata kelola dan kinerja perusahaan yang baik.

"Hanya dengan satu klik, investor langsung mendapatkan 25 saham unggulan yang masuk di Indeks SRI-Kehati," terangnya.

Sofiyanti menambahkan, ETF bisa membuat Dana Pensiun Pertamina secara cepat meningkatkan atau menurunkan porsi saham di portofolio, ketika kondisi pasar sedang menanjak atau menurun.

"Investor mampu merealisasikan keuntungan atau menghindari kerugian secara cepat," tambah Sofiyanti.

Lebih lanjut Sofiyanti mengatakan, pada kondisi pasar yang memiliki ketidakpastian, ETF bisa membantu investor untuk melakukan action secara cepat, jika terjadi gejolak di pasar.

"Kami berharap ETF SRI-KEHATI bisa mewakili portofolio saham dengan likuiditas yang baik dari emiten-emiten dengan tata kelola yang baik dan peduli lingkungan," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com