Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebaran Kurang Tiga Pekan, Jasa Rental Mobil di Semarang Kehabisan Stok

Kompas.com - 14/06/2016, 16:13 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

UNGARAN, KOMPAS.com - Lebaran masih kurang 20 hari lagi, namun sejumlah penyedia jasa rental mobil di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah sudah mulai kehabisan stok mobil untuk pemakaian pada H-7 hingga dua pekan setelah Lebaran.

Menurut pengelola Barokah Wisata Tour & Travel, Muhammad Ardianto, pesanan mobil rental untuk keperluan angkutan mudik Lebaran mulai dilakukan sejak awal bulan Ramadhan.

"Tahun kemarin h-10 baru ramai. Tapi ini awal puasa sudah mulai booking dan DP, bahkan hari ini kita tinggal tersisa satu unit, yakni mobilio silver," kata Ardianto, Selasa (14/6/2016).

Pada musim libur Lebaran tahun ini, pihaknya memperkirakan kenaikan pemesan mobil rental mencapai 30 persen dibanding tahun lalu.

Pada lebaran tahun ini, penyedia jasa rental mobil yang berkantor di Jl Muria III, Bandaran Barat, Kelurahan Bandarjo, Ungaran Barat ini menyediakan sebanyak 14 mobil. Jenis yang paling diminati oleh penyewa adalah mobil-mobil keluarga, seperti Avanza, Xenia dan Honda Mobilio.

Karena selain tarif sewanya lebih terjangkau, kapasitas penumpang juga lebih banyak. Selain mobil keluarga, Barokah Wisata & Rent Car juga menyediakan 6 unit jenis mobil mewah seperti Alphard dan Camry.

Sementara harga sewa mobil selama libur lebaran ini naik 100 persen. Khusus selama libur lebaran ini pihaknya tidak melayani sewa harian, melainkan sewa paket minimal 7 hari.

"Harga per paketnya rata-rata Rp 2.950.000 non driver. Paket ini berlaku H-7 sampai H+15," lanjutnya.

Para penyewa ini, lanjutnya, kebanyakan adalah warga yang berdomisili di Kabupaten Semarang maupun warga Kabupaten Semarang yang pulang dari perantauan yang sudah menjadi pelanggan.

Mereka menyewa mobil rental untuk kepentingan silaturahmi selama lebaran maupun sekedar pergi ke tempat-tempat wisata diluar kota.

"Yang pakai driver juga ada banyak dan yang dibawa sendiri juga banyak. Biasanya kita lepas kunci untuk kalangan orang sendiri yang kenal," ucapnya.

Kendati mengaku sudah kehabisan unit, namun pihak pengelola penyedia jasa rental mobil pantang menolak customer. Mereka akan berusaha memenuhi permintaan dengan mencarikan unit yang tersedia di penyedia jasa rental mobil lainnya.

"Kita juga bermain jaringan dari kawan perkumpulan group rental. Kalau masih ada kawan yang masih punya unit, maka kita juga saling bantu untuk orderkan," imbuhnya.

Tidak semua penyedia jasa rental mobil di Kabupaten Semarang menerapkan sistem paket minimal 7 hari, namun masih ada yang menyewakan paket 2 hari dalam musim lebaran 2016 ini.

Ranin Agung (31) warga Setenan, Kelurahan Ungaran mengaku menyewa satu unit mobil Avanza dari Sipit Rent Car, Bergas Lor, Kecamatan Bergas selama 2 hari, yakni pada hari H Lebaran hingga H+1 Lebaran.

Meski demikian, harga yang dikenakan selama pemakaian naik dua kali lipat dari hari biasanya. "Biasanya Rp 250.000 per hari, tapi khusus lebaran ini jadi Rp 500.000. Rencananya saya dan keluarga mau silaturahmi ke orangtua di Purbalingga," kata Ranin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com