Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lewat Sepak Bola, BTPN Perkenalkan Layanan Perbankan

Kompas.com - 15/06/2016, 08:15 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) terus mengembangkan layanan keuangan tanpa kantor alias laku pandai perseroan, yakni BTPN Wow.

Mulai tahun ini, BTPN menggunakan sepak bola sebagai sarana untuk memperkenalkan layanan perbankan sekaligus menambah jumlah agen maupun nasabah BTPN Wow.

Direktur Kepatuhan BTPN Wow Anika Faisal mengatakan, pada tahun ini BTPN menjadi sponsor kejuaraan sepak bola nasional Torabika Soccer Championship (TSC).

Ia mengatakan, keputusan untuk menjadi sponsor dalam liga sepak bola tersebut tak lain untuk memperkenalkan layanan perbankan bagi masyarakat.

"(Menjadi sponsor) TSC itu juga merupakan sarana edukasi lagi ke masyarakat bahwa ternyata ada produk perbankan yang terjangkau," kata Anika saat berbuka puasa dengan awak media di Jakarta, Selasa (14/6/2016).

Pada kesempatan yang sama, Head of Marketing BTPN Wow Luhur Budhijarso mengungkapkan, sepak bola merupakan sarana yang efektif sekaligus potensi yang luar biasa untuk mengembangkan dan mengekspansi layanan BTPN Wow.

Pasalnya, sepak bola merupakan olahraga yang paling digemari masyarakat Indonesia. Menurut dia, 85 persen rakyat Indonesia suka sepak bola. Kalau bicara liga sepak bola, sempat berhenti 1 tahun sehingga liga atau kompetisi resmi betul-betul ditunggu.

"Dalam seminggu, ada 150.000 sampai 200.000 orang pergi ke stadion untuk menonton sepak bola," jelas Luhur.

Lebih lanjut, ia memaparkan, setidaknya 15 juta warga Indonesia mengasosiasikan dirinya sebagai penggemar klub sepak bola tertentu.

Oleh sebab itu, BTPN memandang segala potensi ini sebagai kesempatan untuk membuat mereka masuk ke dalam sistem ekonomi dan perbankan.

"Semua transaksi mereka masih tunai. Ada korwil-korwil (koordinator wilayah) yang mengoordinasikan tabungan untuk bisa menonton pertandingan away (tandang)," ungkap Luhur.

Ia menjelaskan, kerja sama sponsor dengan TSC sudah dimulai sejak April 2016 lalu dan berakhir Desember 2016.

Sejauh ini respon para pendukung pun dinilai positif. Luhur mengatakan, perseroan berharap basis-basis suporter sepak bola tersebut dapat menjadi agen maupun nasabah BTPN Wow.

Kompas TV Jualan Kopi Sambil Jadi Agen Bank Swasta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com