Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kurangi Utang, Saratoga Lakukan Pembelian Kembali Obligasi

Kompas.com - 15/06/2016, 15:32 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG) memutuskan untuk mengurangi utang dengan cara melakukan pembelian kembali obligasi tukar atau Exchangable Bonds (EB) yang dikeluarkan oleh Delta Investment Horizon Ltd sebesar 17,3 juta dollar.

Direktur keuangan Saratoga, Jerry Ngo mengatakan, pembelian kembali yang dilakukan pada bulan Mei tahun ini diikuti dengan pembatalan surat utang dari seluruh EB yang telah dibeli kembali tersebut.

Sehingga, jumlah pokok jaminan atau Guaranteed Exchangable Bonds yang masih terhutang telah berkurang dari total 100 juta dollar menjadi 82,7 juta dollar.

"Keputusan manajemen membeli kembali EB ini memberikan dampak positif kepada arus kas sebesar 2,7 juta dollar serta mengurangi jumlah utang perseroan," ujar Jerry di Jakarta, Rabu (15/6/2016).

Disamping itu, Jerry juga mengungkapkan, pada kuartal pertama tahun 2016, Saratoga berinvestasi di sektor rantai pasokan logistik dengan temperatur atau cold-chain logistic tertentu dengan mengakuisisi saham PT Mulia Bosco Logistik.

"Transaksi tersebut memberikan peluang yang sangat baik bagi Saratoga dalam membangun platform pertumbuhan uang lebih kuat di sektor cold-chain logistic," terangnya.

Selain itu, Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) juga memutuskan, pada pertengahan tahun 2016, perseroan akan memulai menerapkan laporan keuangan berdasarkan pernyataan database akuntansi keuangan (PSAK) 65 - pengecualian konsolidasian, yang mulai berlaku efektif sejak 1 Januari 2015.

"Penerapan PSAK 65 diharapkan dapat memberikan gambaran yang jelas dan akurat akan kinerja perseroan yang merefleksikan model bisnis Saratoga dalam melalukan investasi," pungkas Jerry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com