Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ubah RBB, Bank Mandiri Targetkan Pertumbuhan Kredit hingga 10 Persen

Kompas.com - 16/06/2016, 07:30 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menyatakan akan melakukan revisi Rencana Bisnis Bank (RBB). Dalam perubahan RBB tersebut, Bank Mandiri pun mengubah target pertumbuhan kredit untuk 2016.

Direktur Treasury & Markets Bank Mandiri Pahala Nugraha Mansury mengatakan, dalam RBB sebelumnya perseroan menargetkan pertumbuhan kredit berada pada kisaran 12 hingga 14 persen.

Akan tetapi, dalam revisi RBB pertumbuhan kredit diubah menjadi 9 hingga 10 persen untuk tahun ini.

"Kalau dari sisi pertumbuhan kredit kita mungkin secara nominal tidak ada revisi, tapi dengan ada perlambatan maka angka pertumbuhan ekspetasi 9 sampai 10 persen untuk kredit," kata Pahala pada acara buka puasa bersama Bank Mandiri di kantornya, Rabu (15/6/2016).

Pahala menuturkan, hingga pertengahan tahun 2016 ada beberapa segmen kredit yang masih mencatatkan kinerja pertumbuhan yang baik, namun ada pula yang melemah.

Ia menyebut, salah satu segmen yang masih menunjukkan kinerja baik adalah kredit mikro yang mencatat pertumbuhan di atas 20 persen.

Segmen kredit lain yang mencatatkan kinerja memuaskan adalah kredit kendaraan bermotor (KKB), baik kendaraan roda empat maupun roda dua.

Pahala menuturkan, segmen kredit ini pun mencatatkan pertumbuhan di atas 20 persen.

"Jadi (kredit) mikro tumbuh di atas 20 persen, (kredit) mobil dan motor juga masih di atas 20 persen. Kemudian untuk (kredit) korporasi di low double digit," ungkap Pahala.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Risk Management & Compliance Bank Mandiri Ahmad Siddik Badruddin mengatakan, secara umum pertumbuhan kredit perseroan pada kuartal II-2016 sudah jauh lebih baik.

"Mungkin segmen menengah, kecil, dan small business memang mungkin belum mengalami pertumbuhan yang signifikan," terang Siddik.

Kompas TV Bank Mandiri Akan Turunkan Suku Bunga Kredit

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com