Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cari Dana Segar, Pelindo II Berminat Lepas Anak Usahanaya ke Pasar Modal

Kompas.com - 19/06/2016, 17:19 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Pelindo II sedang membutuhkan dana segar untuk investasi di sektor pelabuhan. Salah satu yang sedang dimatangkan yakni rencana melepas anak perusahaan ke pasar modal.

“Itu strategi baru dalam rangka mencari dana,” ujar Direktur Utama Pelindo II Evlyn G. Masassya di Jakarta, Jumat (17/6/2016) malam.

Menurut Elvyn, rencana melepas anak usaha ke pasar modal memang sudah dimilikinya. Namun perusahaan masih akan menunggu waktu yang tepat untuk melakukannya.

Saat ditanya anak usaha mana yang akan dilepas ke pasar modal, Elvyn masih belum mau buka-bukaan.

Hanya saja dia menyebut bahwa dalam waktu dekat perushaan akan membuat anak usaha yang bertugas mencari dana untuk membiayai proyek-proyek di lingkungan perseroan.

Pelindo II memperkirakan nilai investasi pelabuhan pada 5 tahun mendatang bisa mencapi Rp 35-40 triliun. Lantaran hal itulah perusahaan membutuhkan dana segar dari pasar modal.

Elvyn berharap, bila rencana melepas anak usaha ke pasar modal berhasil dilakukan, maka pendapatan Pelindo II dari anak perusahaan akan meningkat.

Sebelumnya, Pelindo II akan membuat perusahaan investasi layaknya Temasek. Namun perusahaan itu nantinya fokus di bisnis pelabuhan saja. "Ya mirip-mirip Temasek tapi dalam skala kecil," kata Elvyn. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com