Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tangkap Kapal di Laut Natuna, Susi Tidak Peduli Apa Pun Negaranya

Kompas.com - 21/06/2016, 14:56 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS. com - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti tidak peduli negara asal kapal pencuri ikan di laut Natuna. Bila ketahuan mancuri ikan, kapal-kapal tersebut tetap akan ditangkap.

"Saya tidak peduli punya siapa, mencuri ya mencuri," ujar Susi saat konferansi pers di Kantor Kementerian Kalautan dan Perikanan (KKP), Jakarta, Selasa (21/6/2016).

Ia menuturkan, beberapa waktu lalu pemerintah kembali menangkap kapal China di Natuna. Kapal tersebut kedapatan sedang mencuri ikan di wilayah Indonesia.

Di hari yang sama, Susi mengatakan ada 11 kapal asing lainnya yang ditangkap oleh pemerintah dengan alasan sama yakni memasuki wilayah Indonesia dan mencuri ikan di laut Indonesia.

Bahkan berdasarkan data Januari 2016 hingga Juni ini, ada 57 kapal yang di tankap di Laut Natuna. Rinciannya, 49 kapal Vietnam, 4 kapal Malaysia, 3 kapal Chimna, dan 1 kapal Thailand.

"Penegakan hukum yang dilakukan oleh suatu negara adalah bagian dari penghormatan kami atas negara lain di dunia dalam lakukan hubungan bilateral," ujar Susi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com