Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

McDonald's Akan Jual Semua Gerai di China dan Hongkong

Kompas.com - 22/06/2016, 15:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber CNBC

OAK BROOK, KOMPAS.com - Jaringan restoran cepat saji McDonald's berencana menjual gerai-gerai di China di Hong Kong.

Menyusul rencana ini, sudah banyak tawaran yang dilayangkan kepada McDonald's, termasuk dari Beijing Tourism Group, Sanpower, dan ChemChina yang menawarkan harga 3 miliar dollar AS.

Penawaran McDonald's adalah persetujuan waralaba selama 20 tahun bagi pembeli. Namun, dalam penawaran tersebut disyaratkan beberapa kantor ekuitas swasta tidak bisa berpartisipasi dalam proses tersebut.

Akan tetapi, beberapa perusahaan ekuitas global juga tetap memasuki proses penjualan tersebut dengan cara bermitra dengan beberapa perusahaan China, seperti Bain Capital, TPG Capital, dan Carlyle Group.

McDonald's telah merekrut Morgan Stanley untuk menjalankan proses penjualan sekitar 2.800 restoran di China, Hong Kong, dan Korea Selatan. Namun, penjualan di Korsel dilakukan secara terpisah dan belum diketahui perusahaan mana saja yang berminat membeli.

Bisnis McDonald's di China dan Hong Kong memiliki pendapatan sebelum bunga, depresiasi, dan amortisasi mencapai 200 juta dollar AS. Penjualan gerai-gerai tersebut bisa mencapai 3 miliar dollar AS.

"Kami sedang dalam progres untuk mencari mitra strategis dengan relevansi lokal yang memiliki keahlian dan keterampilan komplementer, yang dipadukan dengan pemahaman yang kuat tengang brand McDonald's," jelas juru bicara McDonald's.

Lebih lanjut, pihak McDonald's juga menyatakan, mitra strategis tersebut juga harus bisa berbagi nilai dan visi McDonald's dengan fokus dalam mengakselerasi pertumbuhan.

Namun, manajemen restoran tersebut enggan berkomentar lebih lanjut hingga menghasilkan keputusan final.

Kompas TV Burger Sehat Ala "Burgreens"

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNBC


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com