Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bergerak Tak Wajar, Bursa Awasi Pergerakan Saham Sillo Maritime Perdana

Kompas.com - 22/06/2016, 16:40 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) tengah mengawasi pergerakan saham PT Sillo Maritime Perdana Tbk (SHIP) karena telah terjadi peningkatan harga saham yang di luar kebiasaan (Unusual Market Activity/UMA).

Tercatat pada penutupan perdagangan 21 Juni 2016 kemarin, harga saham SHIP masih di level Rp 462 per saham. Namun pada pukul 14.56 WIB perdagangan hari ini, harga saham SHIP naik 113 poin atau 24,46 persen ke level Rp 575 per saham.

"Dengan ini kami menginformasikan bahwa telah terjadi peningkatan harga saham SHIP yang di luar kebiasaan," papar Kepala Divisi Pengawasan Transaksi BEI, Irvan Susandy dalam keterbukaan informasi, Rabu (22/6/2016).

Sehubungan dengan terjadinya UMA atas saham SHIP, saat ini bursa sedang mencermati perkembangan pola transaksi saham SHIP.

Oleh karena itu, Irvan meminta agar investor memperhatikan jawaban perusahaan tercatat atas permintaan konfirmasi bursa, serta mencermati kinerja perusahaan tercatat dan keterbukaan informasinya.

BEI juga meminta investor mengkaji kembali rencana aksi korporasi perusahaan tercatat apabila rencana tersebut belum mendapatkan persetujuan RUPS. BEI juga meminta investor mempertimbangkan berbagai kemungkinan yang dapat timbul kemudian hari sebelum melakukan pengambilan keputusan investasi.

Walaupun begitu, Irvan menambahkan bahwa adanya pengumuman UMA tidak serta merta menunjukkan adanya pelanggaran terhadap peraturan perundang-undangan dibidang pasar modal.

PT Sillo Maritime Perdana Tbk belum lama ini resmi mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI).

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com