Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inggris Komitmen Jaga Hubungan Erat dengan Indonesia

Kompas.com - 25/06/2016, 14:09 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik menegaskan, Inggris akan tetap menjaga hubungan erat dengan Indonesia, meskipun referendum memutuskan berpisah dari kawasan politi Uni Eropa.

“Inggris akan terus berkomitmen untuk membangun hubungan erat dengan Indonesia, mitra G20 kami yang sangat berperan penting dalam kesejahteraan, keamanan, serta kelanjutan masa depan planet ini,” kata Malik dalam konferensi pers di Kedutaan Besar Inggris, Jakarta, Sabtu (25/6/2016).

Malik menyampaikan, pada saat Perdana Menteri Inggris David Cameron berkunjung ke Jakarta tahun lalu, dan Presiden Joko Widodo ke London pada April tahun ini, kedua negara berkomitmen untuk meningkatkan hubungan dan kerja sama.

Malik mengatakan, dalam kurun waktu satu tahun ini, kedua negara telah menandantangani tujuh nota kesepahaman atau Mutual of Understanding (MoU) antara lain di bidang pendidikan, inovasi dan penelitian, kerjasama kepolisian, industri kreatif, olahraga, dan kerjasama maritim.

“Ratusan pelaku bisnis dan Indonesia juga terus mempererat kemitraannya,” ucap Malik.

Dia juga mengatakan, jumlah pelajar Indonesia dan yang berkunjung ke Inggris melebihi rekor. Jumlah dosen, guru dan peneliti Inggris dan Indonesia yang bekerjasama juga meningkat.

“Terakhir, pemuka agama Inggris dan Indonesia juga saling berbagi pengetahuan dan pengalaman untuk menjaga toleransi dan pluralism. Seperti yang dikatakan Bu Menlu Retno Marsudi, kami juga akan melanjutkan pekerjaan,” kata Malik.

Kompas TV Infografis: Apa itu Brexit?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com