Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tujuh Sektor Berbalik Arah, IHSG Melorot 0,56 Persen di Jeda Siang

Kompas.com - 01/07/2016, 12:09 WIB
Aprillia Ika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) secara mengejutkan berbalik arah melemah , setelah sempat mencapai level tertinggi di 5.039,68.

IHSG pada jeda siang perdagangan saham akhir pekan ditutup melemah 0,56 persen atau 28,31 poin ke level 4.988,33.

Sebanyak tujuh sektor berbalik arah, kemungkinan investor melakukan aksi ambil untung setelah kenaikan indeks melampaui penurunan indeks pasca pengumuman hasil Brexit.

Dari tujuh sektor pendukung bursa yang mengalami pelemahan, pelemahan dipimpin oleh sektor konsumer yang turun 1,27 persen. Sementara sektor yang menguat yakni perkebunan, infrastruktur dan pertambangan.

Padahal dalam dua hari sebelumnya, IHSG terus meningkat seiring keyakinan investor akan perekonomian Indonesia yang membaik dengan bergulirnya UU Tax Amnesty.

IHSG berbalik arah pasca pengumuman data inflasi BPS yang menyebutkan inflasi di Juni 0,66 persen, lebih tinggi daripada estimasi awal 0.59 persen yang dipicu oleh kenaikan harga bahan pangan, makanan minuman dan tembakau.

Dari data RTI, perdagangan saham di Jumat hingga jeda siang mencapai 2,81 miliar dengan nilai transaksi Rp 2,47 triliun.

Sebanyak 112 saham ditutup menguat, sementara 144 saham ditutup menurun dan 80 saham ditutup tetap. Net foreign buy di semua papan perdagangan mencapai Rp 449,1 miliar.

Sebelumnya, bursa global terus melanjutkan tren penguatan. Bahkan bursa AS di Wall Street mencapai reli ketiga kenaikan. Indeks S&P 500 ditutup naik 1,36 persen sementara indeks Dow Jones ditutup naik 1,33 persen.

DI Eropa, indeks FTSE 100 ditutup naik 2,27 persen sementara Indeks Nikkei di Jepang ditutup naik 0,60 persen.

Penguatan bursa global seiring memudarnya kekhawatioran ketidakpastian perekonomian pasca Brexit, juga dipicu ekspektasi investor akan sejumlah stimulus yang akan digunakan perbankan untuk menstabilkan perekonomian. Seiring Bank of England menaikkan prospek pembelian obligasi pada musim panas ini.

Kompas TV Pengampunan Pajak Rampung Bikin IHSG Menguat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com