Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemudik di Pelabuhan Makassar Melonjak, Pelni Operasikan Jetliner

Kompas.com - 04/07/2016, 15:00 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pelni mengatakan lonjakan penumpang kapal paling banyak hingga H-2 Lebaran terjadi di Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar.

Saking membludaknya pemudik, Pelni sampai harus mengoperasikan Kapal Fery Cepat (KFC) Jetliner untuk rute Makassar-Bima-Labuan Barjo.

"Penumpang paling banyak di Pelabuhan Makassar bahkan kami harus mengoperasikan 2 kapal tambahan Makasar-Bima," kata Manager Komunikasi dan Hubungan Kelembagaan Pelni Akhmad Sujadi kepada Kompas.com, Jakarta, Senin (4/6/2016).

Ia menuturkan, kejadian melonjaknya penumpang di Pelabuhan Makassar terjadi pada H-3 kemarin. Lonjakan tersebut terjadi pada rute Makassar-Bone.

Menurut Sujadi, Jetliner merupakan kapal cepat buatan Norwegia dengan kapasitas tempat duduk 550 orang. Sesuai batas toleransi KFC Jetliner boleh membawa penumpang sekitar 700 orang.

Hingga saat, kapal cepat itu sudah dua kali mengangkut penumpang dari Makasar tujuan Bima. Rencananya, Jetliner kembali diberangkatkan lagi dari Makasar menuju Bone pada Selasa pukul 03.00 waktu setempat.

Pada operasi mudik tahun ini, Pelni mengoperasikan dua kapal dengan rute Makassar-Bima yakni KM. Tilongkabila dan KM. Sanus 50 ENTÈBE Ekspres. Namun dua kapal itu tidak bisa mengangkut semua pemudik di Makasar.

Kompas TV Pelni "Gak" Naikkan Harga Kapal Laut

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com