Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Momen Libur Lebaran, Masyarakat 'Berkantong Tebal' Pilih Liburan ke Luar Negeri

Kompas.com - 05/07/2016, 10:57 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Momen liburan hari raya Idul Fitri biasanya dijadikan waktu untuk berlibur melepaskan hiruk-pikuk pekerjaan.

Panjangnya libur lebaran tahun ini tidak sedikit digunakan masyarakat Indonesia yang memilih untuk berlibur ke luar negeri.

Umumnya liburan ke luar negeri ini dipilih oleh masyarakat yang berkantong tebal. Tidak tanggung-tanggung, rute liburan yang ramai dituju turis Indonesia adalah Alaska, Jepang, Eropa hingga Selandia Baru.

Vice President Asosiasi Perusahaan Agen Penjual Tiket Penerbangan Indonesia (ASTINDO), Rudiana mengatakan wisatawan asal Indonesia yang belibur ke luar negeri cukup banyak

"Wisatawan yang bepergian ke luar negeri cukup banyak, tapi masih kalah banyak dibandingkan tahun lalu," ujar Vice President Asosiasi Perusahaan Agen Penjual Tiket Penerbangan Indonesia (ASTINDO), Rudiana kepada Kompas.com, Selasa (5/7/2016).

"Agak sedikit menurun dibandingkan tahun lalu, walaupun penurunannya sangat kecil, kurang lebih 2-3 persen," tambah Rudiana.

Rudiana memaparkan, turis Indonesia cenderung memilih benua Asia yaitu Jepang dan Eropa.

"Kalau Asia masih didominasi Jepang dan Korea, sementara Eropa terbagi ada yang ke Eropa Barat dan Timur termasuk Eropa Utara dan Scandinavia," papar Rudiana.

WNI yang memilih berlibur ke luar negeri bukan tanpa alasan, selain waktu cuti bersama yang relatif panjang, dan juga banyak negara-negara tujuan wisata yang menawarkan paket wisata menarik ditambah aksesibilitas destinasi wisata.

"Harga, aksesibilitas, dan promosi yang gencar dilakukan tourism board negara luar juga berpengaruh ," pungkas Rudi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com