Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Arus Balik Lebaran, Menhub dan Dirut KAI Tinjau Stasiun Pasar Senen

Kompas.com - 07/07/2016, 13:51 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan bersama Direktur Utama Kereta Api Indonesia (KAI) Edi Sukmoro meninjau kesiapan Stasiun Senen menghadapi arus balik Lebaran tahun 2016.

Menhub mengatakan, hingga H+2 Hari Raya Idul Fitri, Kamis (7/7/2016), masih banyak masyarakat yang akan berangkat menuju kampung halaman menggunakan moda transportasi kereta api.

"Tadi saya tanyakan sama Dirut KAI saat ini Stasiun Senen masih 23.000 (penumpang), masih banyak itu kan normalnya 13.000 per hari biasa. Kalau hari Sabtu-Minggu mungkin 13.000 sampai 15.000 orang dan peak season 25.000 orang, berarti masih banyak," ujar Jonan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Kamis.

Menhub menduga, banyaknya masyarakat yang berangkat setelah hari Lebaran karena jadwal kerja dan cuti yang berbeda-beda.

"Mungkin gantian jadwal cutinya jadwal tugasnya mereka bergantian," tambah Jonan.

Selama meninjau Stasiun Pasar Senen, Menhub menyapa dan berbincang dengan beberapa calon penumpang kereta api yang sedang menunggu.

"Tadi saya ngomong sama mereka (penumpang), malah mereka terima kasih karena tiketnya kelas ekonomi tidak naik. Jakarta, Mojokerto sampai Surabaya itu Rp 104.000, murah loh," kata Jonan.

Sementara itu, pantauan Kompas.com di Stasiun Pasar Senen, hari ini arus mudik masih berlangsung ramai.

Kompas TV Ditinggal Mudik, Jakarta Lengang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com