Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sabtu, Arus Balik Penyeberangan Kian Meningkat

Kompas.com - 07/07/2016, 19:05 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Danang S Baskoro mengatakan pihaknya tengah memantau proses arus balik Lebaran 2016.  Menurutnya, layanan arus balik penyeberangan diprediksi akan dimulai dan mengalami peningkatan arus mulai akhir pekan ini, terhitung dari Sabtu 9 Juli 2016 hingga akhir pekan mendatang.

Adapun tujuh lintasan penyeberangan yang ramai saat arus mudik maupun balik, yakni Merak-Bakaheuni, Ketapang-Gilimanuk, Padangbai-Lembar, Bajoe-Kolaka, Tanjung Api-Api-Bangka (Tanjung Kelian), Kayangan-Pototano, dan Kariangau-Penajam. "Dari ketujuh lintasan utama terpantau di atas, Merak-Bakauheni, Ketapang-Gilimanuk, Lembar-Padang Bai, maupun Tanjung Api-api - Bangka, telah mencatat jumlah pemudik yang meningkat di atas lima persen dibandingkan tahun lalu," ujar Danang dalam keterangan resminya, Kamis (7/7/2016).

"Kami juga bersyukur, karena selama pelayanan arus mudik feri dari H-12 hingga hari H Lebaran, tidak ada kecelakaan (zero accident) yang terjadi," tutur Danang.

Danang menambahkan, dalam penyelenggaraan layanan angkutan mudik tahun ini, pihaknya telah menerapkan penjualan tiket penyeberangan di Rest Area KM 43 dan KM 68 Tol Tangerang - Merak yang berhasil menjaring total 10.904 unit kendaraan roda empat (pribadi) selama H-12 hingga H-1. "Ini prestasi luar biasa, karena dari sekitar 80.000 kendaraan pribadi yang menyeberang Merak-Bakauheni, penjualan mobile e-ticketing telah berkontribusi sekitar 13,63 persen selama arus mudik," katanya.

Data Posko Terpadu Mudik 2016 menunjukkan total jumlah penumpang feri yang menyeberang dari Merak menuju Bakauheni pada H-12 hingga H mencapai 895.888 orang atau naik 15,1 persen dibandingkan periode sama tahun lalu sebanyak 778.334 orang. Lalu jumlah total kendaraan mencapai 192.303 unit atau naik 14,2 persen dibandingkan periode sama tahun lalu sebanyak 168.352 unit.

Sebaliknya, total jumlah penumpang dari Bakauheni menuju Merak pada H-12 hingga H mencapai 397.021 orang atau naik 5,4 persen dibandingkan periode sama tahun lalu sebanyak 376.603 orang. Diikuti jumlah total kendaraan sebanyak 71.287 unit atau naik 1,5 persen dibandingkan periode sama tahun lalu 70.249 unit. "Masih banyaknya kekurangan dalam pelayanan kami, akan menjadi koreksi agar dilakukan perbaikan pada tahun depan," pungkas Danang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com