Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengamat Perkirakan Kemacetan Arus Balik Tidak Separah Mudik

Kompas.com - 08/07/2016, 17:30 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengamat Transportasi Djoko Setijawarno memperkirakan kemacetan di ruas jalan Tol Cikopo-Brebes Timur pada arus balik Lebaran tidak akan separah pada saat ketika mudik.

Pada arus mudik kemarin kemacetan di ruas jalan tol tersebut mengalami kemacetan hingga mencapai 30 kilometer (KM) yang disebabkan oleh penumpukan kendaaran di gerbang tol (GT) keluar Brebes Timur.

Djoko mengatakan banyak pemudik yang balik dari kampung halamannya lebih awal untuk menghindari kemacetan. Sehingga penumpukan kendaraan di ruas Tol Cikopo-Brebes Timur tidak terlalu panjang.

"Bisa juga karena jera karena kemacetan kemarin. Atau para pemudik lebih memilih lewat jalur selatan," katanya saat dihubungi Kompas.com, Jakarta, Jumat (8/7/2016).

Lanjut, Djoko juga memperkirakan puncak arus balik akan terjadi pada Sabtu dan Minggu yang bisa menyebakan terjadinya penumpukan kendaraan panjang di ruas tol Cikarang.

Dia juga mengungkapkan rencana Jasa Marga yang ingin menggratiskan Tol Cikarang Utama pada arus balik merupakan solusi yang efektif untuk mengurai kemacetan di gerbang tol.

Sehingga kendaraan bisa langsung jalan tanpa mengantri untuk membayar tol. "Itu solusi singkat, tapi bisa efektif," pungkasnya.

Kompas TV H 2 Lebaran, Puncak Macet 10 KM

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com