Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengintip 7 Hobi Orang Super Sukses Dunia

Kompas.com - 12/07/2016, 07:30 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Hampir setiap orang, termasuk Anda, pasti memiliki hobi alias kegemaran yang dilakukan pada waktu senggang.

Nah, orang-orang super sukses di dunia pun ternyata memiliki hobi yang barangkali sama seperti hobi Anda, sederhana dan seringkali jauh dari kesan kemewahan ataupun menghamburkan uang.

Mengutip Business Insider, Senin (11/7/2016), ada 10 hobi sederhana yang menjadi kegemaran orang-orang super sukses dunia yang pastinya sudah Anda kenal. Apa saja hobi mereka?

1. Richard Branson hobi main catur

Pendiri dan pemilik Virgin Group dikenal karena memiliki sisi petualang di dalam dirinya. Akan tetapi, siapa sangka ternyata hobinya jauh dari kesan menantang dan menguras adrenalin, yakni main catur.

“Saya rasa catur adalah permainan terbaik di dunia. Catur memadukan aspek-aspek terbaik berbagai cabang olahraga, taktik, perencanaan, keberanian, dan mengambil risiko. Ditambah lagi, Anda bisa bermain sambil minum teh atau berbincang!” ujar Branson.

2. Meryl Streep hobi merajut

Aktris sukses yang langganan meraih penghargaan Oscar ini mengaku sangat senang merajut. Menurut Streep, ia banyak menghabiskan waktu di lokasi syuting dengan merajut dan hobinya itu diakuinya memiliki efek terapi.

“Bagi saya (merajut) adalah sarana untuk mengumpulkan pemikiran dan memahami kehidupan yang kontemplatif,” jelas Streep tentang hobi merajutnya.

3. Bill Gates hobi main kartu bridge

Bill Gates, pendiri Microsoft dan orang terkaya di dunia mengaku memiliki beberapa hobi yang menurutnya “jadul.” Dalam sebuah wawancara, miliarder ini menyatakan dirinya adalah pemain kartu bridge yang andal.

Tidak hanya itu, Gates juga gemar bermain tenis. Ia pun mengatakan sering menghabiskan waktu dengan bermain tenis bersama anak-anaknya.

4. George W Bush hobi melukis

Siapa sangka, mentan Presiden AS George W Bush gemar melukis. Ia telah melukis setidaknya 50 ekor anak anjing, banyak pemandangan, dan setidaknya 30 potret pemimpin dunia.

Bush mulai sering melakukan hobinya itu setelah tak lagi menjabat orang nomor satu di AS pada tahun 2009 silam.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com