Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsumen Indonesia Prediksi Kenaikan Harga Pangan Melambat di September 2016

Kompas.com - 12/07/2016, 19:30 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) dalam Survei Konsumen melaporkan, konsumen Indonesia memperkirakan tekanan kenaikan harga melambat pada September 2016.

Hal ini terindikasi dari Indeks Ekspektasi Harga (IEH) 3 bulan mendatang yang tercatat turun -14,9 poin menjadi 156,4.

"Melambatnya tekanan kenaikan harga diperkirakan terjadi pada hampir semua kelompok komoditas, dengan penurunan terbesar terjadi pada kelompok bahan makanan dan kelompok sandang," tulis BI dalam pernyataan resmi, Selasa (12/7/2016).

Survei tersebut juga mengindikasikan bahwa untuk kondisi 6 bulan mendatang yakni pada Desember 2016, konsumen memperkirakan kenaikan jumlah tabungan yang lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya.

Posisi pinjaman 6 bulan mendatang juga diperkirakan lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya. Adapun optimisme konsumen pada Juni 2016 meningkat dari bulan sebelumnya.

Ini tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Juni 2016 yang tercatat sebesar 113,7, meningkat 1,6 poin dari bulan sebelumnya.

"Sementara itu secara rata-rata, IKK triwulan II-2016 tercatat sebesar 111,6, lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata IKK triwulan sebelumnya (110,8) maupun dengan rata-rata IKK pada periode yang sama tahun sebelumnya (110,5)," kata bank sentral.

Kompas TV Bank Indonesia Pangkas BI Rate Jadi 6,5%

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com