Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti Ini Niat BTN Gandeng ITB

Kompas.com - 13/07/2016, 16:29 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk melakukan kerja sama dengan Sekolah Bisnis Manajemen (SBM) Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam pembukaan program Master of Business Administration (MBA) mini properti. Program ini memberikan pelatihan dan pendidikan tentang properti bagi calon wirausaha muda di bidang properti.

Direktur Utama BTN Maryono menyatakan, program pertama akan dimulai pada pertengahan Agustus 2016 mendatang. Dari program ini, ada pemberian 500 sertifikasi pengembang baru.

Untuk 2017 mendatang, jumlahnya ditargetkan menjadi 1.000 sertifikasi. "Sejak akhir tahun 2014 BTN telah membentuk Housing Finance Center (HFC) yang memiliki fungsi utama sebagai learning center dan advisory center. BTN HFC akan menjadi pengelola pusat pembelajaran perbankan dan riset perumahan yang profesional dan terkemuka di Indonesia," ujar Maryono di Jakarta, Rabu (13/7/2016).

Maryono menjelaskan, kebutuhan rumah di Indonesia tergolong sangat tinggi. Kebutuhan rumah secara nasional terus bertambah. Oleh sebab itu perlu ada upaya dan terobosan dalam pemenuhan kebutuhan tersebut. Salah satunya melalui pendidikan.

Menurut Maryono, program MBA Mini Properti ini merupakan pendidikan selama satu bulan dengan materi berupa teori dan praktik real estate dan properti. Pendidikan bernilai 3 SKS ini dapat dikonversi ke dalam SKS MBA reguler bagi peserta didik yang lulus dan akan melanjutkan ke MBA reguler SBM ITB. "Peserta bisa langsung menjadi pengusaha pemula dan developer pemula. Beberapa yang terbaik akan mendapat bantuan pembiayaan perumahan langsung dari BTN. Yang ingin melanjutkan bisa langsung ke SBM ITB," jelas Maryono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com