Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI: Defisit Transaksi Berjalan Semester I-2016 Masih Terkendali

Kompas.com - 15/07/2016, 17:51 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Bank Indonesia (BI) menyatakan posisi defisit transaksi berjalan atau current account deficit (CAD) hingga semester I-2016 ini berada pada tingkatan yang terkendali.

Bank sentral pun menyatakan merasa nyaman dengan posisi defisit transaksi berjalan yang saat ini berada pada kisaran 2,2 hingga 2,4 persen dari produk domestik bruto (PDB).

“Memang bisa dibilang di semester I tahun ini current account deficit pada situasi di mana Bank Indonesia comfortable, di level sekitar antara 2,2 sampai 2,4 persen dari PDB,” kata Mirza di kantornya di Jakarta, Jumat (15/7/2016).

Mirza menyatakan, posisi defisit transaksi berjalan tersebut bagi bank sentral merupakan level yang sehat. Selain itu, kisaran tersebut juga menunjang optimisme para investor di pasar keuangan terhadap kinerja makroekonomi Indonesia.

Tidak hanya itu, kinerja makroekonomi juga bisa dilihat dari capaian inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) yang hingga pertengahan tahun 2016 ini juga relatif terkendali.

Kalaupun inflasi pada bulan Juni 2016 hingga awal Juli 2016 cenderung sedikit lebih tinggi, hal itu disebabkan pengaruh bulan Ramadhan dan persiapan menjelang hari raya Idul Fitri.

“Awal Juli itu masih periode puasa memang angka (inflasi) lebih tinggi dibandingkan periode Juni,” imbuh Mirza.

Akan tetapi, lanjut Mirza, pola inflasi setelah Lebaran adalah menurun menuju titik normalnya. Hal ini dapat dilihat dari pola musiman minggu kedua dan ketiga bulan Juli di mana inflasi telah menurun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com