Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tambah Modal, Bank MNC akan Terbitkan Saham Baru 5,3 Miliar Saham

Kompas.com - 15/07/2016, 19:41 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) akan kembali melaksanakan Penawaran Umum Terbatas (PUT) V untuk memperkuat modal guna ekspansi bisnis.

Presiden Direktur BABP, Benny Purnomo mengatakan, salah satu alternatif pendanaan dalam rangka meningkatkan modal perseroan adalah dengan pengeluaran saham dari portepel dengan mekanisme penambahan modal.

"Mempertimbangkan hal tersebut MNC Bank kembali akan mengeluarkan saham dalam portopel dengan cara menerbitkan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) untuk yang ke lima kalinya setelah perusahaan go public," ujar Benny di Jakarta, Jumat (15/7/2016).

Jumlah saham yang dikeluarkan oleh perseroan dalam rangkaian PUT V ini adalah sebanyak 5,3 miliar saham, dengan harga penawaran Rp 100 per saham. Sehingga perseroan akan memperoleh penambahan modal sebesar Rp 531 miliar.

Selain rights issue, perseroan juga akan menerbitkan Waran Seri III senilai Rp 531,1 miliar.

"Sehingga, kami akan mendapatkan dana Rp 1 triliun lebih. Jadi, nantinya modal inti kami menjadi sekitar Rp 2,6 triliun hingga Rp2,7 triliun," terangnya.

Setelah dikurangi biaya-biaya terkait, penambahan modal tersebut akan dipergunakan untuk memperkuat struktur permodalan dalam rangka mendukung target peningkatan aset produktif antara lain melalui pemberian kredit, penempatan dana serta pembelian surat berharga dengan tetap memperhatikan ketentuan Kewajiban Penyediaan Modal Minimum (KPMM).

"Dana yang dihasilkan untuk menambah dan memperkuat modal. Selain itu juga untuk peningkatan infrastruktur online banking korporasi," pungkas Benny.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com