Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kudeta Sebabkan Mata Uang Turki Anjlok

Kompas.com - 16/07/2016, 12:01 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber CNN Money

NEW YORK, KOMPAS.com - Kudeta militer yang pecah di Turki pada Jumat (15/7/2016) malam waktu setempat membuat nilai tukar mata uang lira anjlok. Nilai tukar lira dilaporkan anjlok 5 persen terhadap mata uang dollar AS.

Penurunan kurs tersebut merupakan yang paling dramatis bagi lira. Berdasarkan laporan, militer Turki menyatakan dalam pengumuman resmi bahwa militer telah mengambil alih negara.

Laporan terkait aktivitas militer yang tidak biasa bermunculan di Twitter sesaat sebelum bursa saham Amerika Serikat ditutup pada Jumat sore.

Bursa saham Turki ETF pun ditutup melemah 2.5 persen dan sempat melemah 6 persen.

Hingga kini belum jelas siapa yang sebenarnya memiliki kendali atas Turki. Tank dan tentara berkeliaran di jalan raya, termasuk juga pengunjuk rasa. Tembakan senjata dan ledakan ikut mericuhkan keributan.

Baik pemerintah yang dipimpin Presiden Recep Tayyip Erdogan dan militer mengklaim mereka yang mengendalikan negara.

Menurut sumber kepresiden, pada Sabtu (16/7/2016) waktu setempat, pesawat yang membawa Presiden Erdogan mendarat di bandara Attaturk di Istanbul.

Kompas TV Bandara Atatürk di Turki Diserang Bom

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com