Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertengahan Agustus, T3 Bandara Soekarno-Hatta Dipastikan Beroperasi

Kompas.com - 17/07/2016, 13:41 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) ternyata sudah menyetujui tanggal pengoperasian Terminal 3 baru Bandara Soekarno-Hatta. Meski belum mau menyebut tanggalnya, Kemenhub memastikan terminal bandara senilai Rp 7 triliun tersebut dioperasikan pertengahan Agustus 2016 ini.

"Setelah mendengar paparan pihak-pihak terkait dan kesiapan pihak AP II, rapat menyepakati tanggal tertentu di pekan kedua bulan Agustus 2016," ujar Staf Khusus Menteri Perhubungan Hadi M. Djuraid kepada Kompas.com, Jakarta, Minggu (18/7/2016).

Pernyataan Hadi tersebut sekaligus mengklarifikasi pemberitaan bahwa pengoperasian Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta belum pasti. Menurut ia, keputusan Kemenhub memberikan izin pengoperasian T3 pada pertengahan Agustus diambil pada 14 Juli 2016 lalu.

Saat itu, ucap Hadi, Kemenhub menggelar rapat dengan Angkasa Pura II, AirNav Indonesia, Garuda Indonesia, hingga Pertamina yang akan menyuplai bahan bakar pesawat.

"Rapat mendengarkan progres pelaksanaan item-item temuan yang harus diselesaikan oleh AP II yang disampaikan pihak-pihak terkait," kata Hadi.

Sebelumnya, di sela-sela kunjungan ke Medan, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan meminta AP II kembali membangun sub tower lagi. Sebabnya, pembangunan menara apron movement controller (AMC) ternyata belum menjangkau semua area airside yang meliputi apron dan taxi way.(baca: Jonan Minta AP II Bangun Sub-tower Lagi di Terminal 3 Soekarno-Hatta )

Meski begitu, Hadi menegaskan bahwa permintaan Menhub itu tidak mengubah tanggal pengoperasian T3 yang telah disepakati dalam rapat pada 14 Juli 2016 lalu.

Kompas TV Terminal 3 Bandara Soetta Berkelas Dunia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com