Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Danau Toba, Budidaya Nila Akan Jadi Obyek Wisata

Kompas.com - 20/07/2016, 10:15 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

SIMALUNGUN, KOMPAS.com - Kementerian Koordinator Kemaritiman menyatakan, PT Suri Tani Pemuka (STP) sepakat mensinergikan budidaya perikanan dengan pariwisata Danau Toba. PT STP merupakan perusahaan perikanan yang membudidayakan ikan nila di Danau Toba.

"Kami usulkan itu dan mereka sudah setuju, saya akan sampakan ke Menko," Kepala Biro Informasi dan Hukum Djoko Hartoyo di Simalungun, Selasa (19/7/2016).

Nantinya kata dia, tempat budidaya perikanan PT STP bisa dikunjungi para turis yang berkunjung ke Danau Toba.

Kegiatan tersebut dinilai sebagai ajang mengenal sekaligus belajar budidaya perikanan. "Misalnya anak-anak sekolah bisa melakukan kagiatan budidaya," kata dia.

PT STP, tutur Djoko, berencana menyediakan tempat budidaya perikanan khusus untuk tempat pariwisata.

Hal itu dilakukan agar tidak tercampur tempat budidaya ikan untuk keperluan suplai industri berorientasi ekspor milik PT STP.

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengatakan bahwa budidaya perikanan dan sektor pariwisata perairan sangat bisa bersinergi. Sebab, kedua sektor tersebut sama-sama membutuhkan kondisi air yang baik.

Bila sektor pariwisata membutuhkan air yang jernih sebagai daya tarik turis, maka sektor budidaya membutuhkan air yang jernih untuk tumbuh dan berkembangnya ikan.

Kompas TV Pesona Alam Danau Toba

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com