Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cek 6 Langkah Ini, untuk Bantu Anda Memutuskan Sebelum Membeli

Kompas.com - 21/07/2016, 12:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Berpikir mengenai pembelian besar seperti mesin cuci atau mesin pengering baru, komputer baru, atau mengecat ulang dan mendekorasi kamar di rumah? Anda ingin merencanakan pembelian secara hati-hati.

Memiliki ide yang jelas mengenai apa yang Anda perlukan adalah penting untuk menyesuaikan dengan anggaran Anda.

Rencana tindakan berikut ini akan membantu Anda menunjukkan sesuatu dengan tepat apa yang Anda cari pada pembelian besar berikutnya.

1.    Definisikan tujuan Anda
Apa yang Anda ingin untuk capai dengan pembelian ini? Misal, “Kita memerlukan kulkas baru untuk menyimpan makanan untuk keluarga—dari dua, empat, atau tetapi banyak—yang memakan banyak makanan beku.” Buatlah jelas untuk menentukan seberapa besar ukuran kulkas yang dibeli.

2.    Tetapkan kriteria
Apa keistimewaan yang mutlak anda perlukan dalam pembelian besar Anda yang berikutnya? Dan fitur apa yang Anda perlukan? Memisahkan keinginan dari keperluan adalah langkah penting dalam melakukan setiap pembelian. Sediakanlah waktu yang cukup untuk memutuskan.

3.    Pilihkan dua sampai tiga pilihan yang bagus
Sediakanlah waktu untuk mengeliminasi pilihan. Buanglah pilihan apapun yang tidak menyediakan fitur yang harus Anda miliki. Sempitkan daftar itu sampai menjadi dua atau tiga pilihan saja.

4.    Identifikasikan mana yang cocok dan mana yang tidak
Buatlah grafik sehingga Anda dapat dengan cepat membandingkan fitur-fitur dan harga dari setiap pilihan top Anda dari dua atau tiga barang yang telah dipilih di atas.

Misal, “Opsi 1 memiliki fitur yang saya ingin, harganya pun sesuai dengan anggaran yang saya miliki, tetapi warnanya bukan warna yang saya inginkan. Opsi 2 bukan warna yang saya ingin dan harganya Rp 2 juta lebih mahal ketimbang uang yang telah saya anggarkan.”

5.    Putuskan yang terbaik
Pilihlah opsi pembelian yang paling cocok memenuhi kriteria Anda. Pikirkan dulu matang-matang sebelum memutuskan, karena kalau sampai salah, Anda juga yang akan rugi.

6.    Evaluasi pembelian
Apakah Anda melakukan pembelian sesuai anggaran? Apakah Anda merasa senang dengan pembelian tersebut? Mulailah menabung untuk barang tersebut sesegera mungkin.

Ketahui Perbedaan Andatara Kebutuhan dan Keinginan
Mengetahui perbedaan antara “keinginan” dan “keperluan” adalah bagian penting dalam pembelajaran mengatur uang, terutama di masa ekonomi sulit.

Mudah untuk membelanjakan uang. Yang tidak mudah adalah membelanjakan uang dengan bijaksana. Satu yang membantu Anda belanja dengan bijaksana adalah memisahkan keperluan dari keinginan, dan membelanjakan uang utamanya berdasarkan kebutuhan.

Keinginan adalah bagus untuk dimiliki tetapi tidak penting: makan di luar, pergi ke bioskop, atau membeli handphone terbaru.

Kebutuhan adalah penting, basis hidup yang harus Anda miliki untuk bertahan hidup: makanan, rumah, pakaian.

Beberapa biaya terkait dengan pekerjaan (artinya, kemampuan Anda membayar hal-hal mendasar) juga kebutuhan, seperti transportasi pulang pergi kerja, dan menjaga kesehatan supaya tetap mampu bekerja.

Sebelum Anda membeli sesuatu, tanyakan pada diri Anda, “Apakah saya memerlukan ini, atau apakah saya hanya sebatas menginginkannya?”

Anda mungkin terkejut betapa banyak hal yang sesungguhnya hanya “keinginan” dan pada akhirnya malah merugikan.

Kompas TV Ngabuburit Belanja Baju di Tanah Abang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com